UMM Institutional Repository

Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Metode Inquiry Siswa Kelas V SDN Ellak Daya I Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2014/2015.

Hariyanto, Imam (2016) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Metode Inquiry Siswa Kelas V SDN Ellak Daya I Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2014/2015. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hariyantoi-43610-1-pendahul-..pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hariyantoi-43610-2-bab-i..pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Keyword : Peningkatan, kemampuan Menulis Puisi, Metode inquiry Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pada kemampuan menulis puisi siswa kelas V di SDN Ellak Daya I Lenteng Sumenep, yaitu bahwaditemukan kurangnya upaya peningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran khususnya dalam menulis puisi. Pada pelajaran menulis puisi masih banyak siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 66,5. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Ellak Daya I Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Lokasi penelitian adalah SDN Ellak Daya I. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V SDN Ellak Daya I. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan metode inquiry pada pembelajaran menulis puisi siswa kelas V SDN Ellak Daya I Lenteng Sumenep sesuai dengan sintak pembelajaran dengan metode inquiry. (2) peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas V dengan menerapkan metode inquiry. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil tes kemampuan menulis puisi pada siklus I sampai siklus II. Peserta didik yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebesar 47% dan pada siklus II sebesar 100% dengan nilai ketuntasan ≥65. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan pada hasil tes kemampuan menulis puisi siswa kelas V. Hasil penelitian dengan menerapkan metode inquiry disarankan untuk dipergunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran serta mengembangkan pembelajaran yang lebih inovatif yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 10:00
Last Modified: 19 Oct 2016 10:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33848

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo