UMM Institutional Repository

Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalaui Metode Artikulasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kesehatan Pada Siswa Kelas IV SDN Dadaprejo 02 Batu

Prawita, Novi (2016) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalaui Metode Artikulasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kesehatan Pada Siswa Kelas IV SDN Dadaprejo 02 Batu. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-prawitanov-43611-1-pendahul-n.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-prawitanov-43611-2-bab1.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Keyword : Keterampilan Berbicara, Metode Artikulasi. Abstrak Penelitian ini di awali dari hasil observasi awal, terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa di SDN Dadaorejo 02 Batu. Kesulitan yang dimaksud merupakan keterampilan berbicara siswa yang masih kurang lancar dan terbata-bata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dampak dari keterampilan berbicara yang masih kurang lancar dan terbata-bata tersebut terdapat 7 orang siswa (39%)yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 70 pada ketuntasan individu dan 70% pada ketuntasan klasikal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode artikulasi dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kesehatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data ketrampilan berbicara siswa diambil dengan menggunakan catatan lapangan, dokumentasi dan tes lisan. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penggunaan metode artikulasi telah berhasil dilaksanakan. Proses penerapan metode artikulasi yang dilaksanakan oleh guru telah sesuai dengan langkah-langkah metode artikulasi yang meliputi guru menjelaskan tujuan, guru menyampaikan materi, membentuk kelompok berpasangan, menugaskan siswa menceritakan materi yang baru dijelaskan oleh guru dan kemudian berganti peran, pasangan siswa saling mewawancarai, siswa mempresentasikan hasil wawancara dengan pasangan dan guru menjelaskan kembali materi yang belum dipahami oleh siswa. (2) Penggunaan metode artikulasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada siklus I dan siklus II, presentase peningkatan keterampilan berbicara tersebut terdapat 7 orang siswa (39%) yang belum mencapai KKM menjadi 1 orang siswa (6%) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 09:56
Last Modified: 19 Oct 2016 09:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33847

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo