UMM Institutional Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Lowokwaru 3 Malang

Azizah, Firda (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Lowokwaru 3 Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-azizahfird-43612-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-azizahfird-43612-2-babi.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Keyword : pembelajaran kooperatif, two stay two stray, aktivitas belajar IPA Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kendala dalam proses pembelajaran, yaitu: (1) kurangnya perhatian siswa terhadap penyampaian materi, (2) siswa mengobrol di luar materi, (3) pembelajaran banyak didominasi oleh guru dan siswa yang pandai saja, (4) siswa yang kemampuannya kurang cenderung bersifat pasif, dan (5) kegiatan kelompok yang dilaksanakan belum menunjukkan pembelajaran kooperatif. Perlu ditetapkan suatu sistem pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SDN Lowokwaru 3 Malang?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SDN Lowokwaru 3 Malang. Hipotesis penelitian yang dirumuskan yaitu: (Ho) tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SDN Lowokwaru 3 Malang, dan (Ha) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SDN Lowokwaru 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian true experimental. Desain penelitian menggunakan posttest-only control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari siswa kelas IVB dengan jumlah 31 siswa dan siswa kelas IVC yang berjumlah 31 siswa. Pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Analisis data penelitian menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif penelitian menunjukkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,13 lebih tinggi dibanding rata-rata skor aktivitas belajar siswa kelas kontrol yaitu sebesar 57,87. Aktivitas belajar IPA siswa di kelas eksperimen pada kategori tinggi sebesar 32,26% dan pada kategori sedang sebesar 67,74%. Aktivitas belajar IPA siswa di kelas kontrol pada kategori tinggi sebesar 6,452%, kategori sedang sebesar 64,52%, dan pada kategori rendah sebesar 29,03%. Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SDN Lowokwaru 3 Malang. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan dengan uji t diketahui bahwa t hitung (5,483) ≥ t tabel (-1,67), dan nilai probabilitas sebesar (0,000) ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 09:52
Last Modified: 19 Oct 2016 09:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33846

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo