UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG (CALISTUNG) SISWA BERKESULITAN BELAJAR MELALUI MEDIA PASIR DAN KARTU HURUF SISWA KELAS I SDN TEGALGONDO

SUANTARI, BAIQ SRIWULAN (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG (CALISTUNG) SISWA BERKESULITAN BELAJAR MELALUI MEDIA PASIR DAN KARTU HURUF SISWA KELAS I SDN TEGALGONDO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-baiqsriwul-43625-1-pendahul-n.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-baiqsriwul-43625-2-babi.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Keyword : membaca, menulis, berhitung ,kesulitan Belajar, media pasir , kartu huruf, reading, writing, calculating, learning difficulty, sand media, alphabet card Kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan berhitung sebagai berikut: (1) membaca, masih terbata-bata dan membutuhkan waktu lebih lama, (2) menulis, masih terdapat huruf yang hilang, berantakan dan sulit dibaca, (3) berhitung, siswa belum dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan tepat. hal ini berdampak pada kemampauan calistung siswa, sehingga perlu adanya upaya peningkatan kemampuan calistung siswa melalu media pasir dan kartu huruf yang bertujuan (1) Mendeskripsikan pembelajaran media pasir dan kartu huruf yang dapat meningkatkan kemampuan membaca, menulis, berhitung siswa berkesulitan belajar siswa kelas 1 SDN Tegalgondo . (2) Mengetahui peningkatan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung siswa berkesulitan belajar kelas I SDN Tegalgondo . Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan 2 siklus melalui tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I yang mengalami kesulitan belajar sebanyak 5 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan media pasir dan kartu huruf sebagai berikut: (1) mengenalkan siswa huruf alphabet, (2) membaca dan menyusun kata atau kalimat dengan media kartu huruf, (3) menuliskan kata yang disusun di kartu huruf di atas pasir, (4) melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan media pasir dan kartu huruf. Peningkatan kemampuan membaca, menulis dan berhitung (calistung) siswa berkesulitan belajar adalah sebagai berikut: (1) membaca, yaitu siswa membaca dengan intonasi yang jelas dan lancar, (2) menulis, ditunjukkan dengan indikator siswa dapat membarikan jarak pada tiap kata, tidak ada huruf yang hilang dalam menulis, dan tulisan dapat dibaca. (3) berhitung, yaitu siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan yang sesuai dengan indikator yaitu dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan benar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 09:43
Last Modified: 19 Oct 2016 09:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33844

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo