UMM Institutional Repository

Pengaruh Media Magnet Cards Terhadap Prestasi Belajar IPA Materi Proses Daur Air Siswa Kelas V SDN Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kediri.

Baskoro, E.P. (2016) Pengaruh Media Magnet Cards Terhadap Prestasi Belajar IPA Materi Proses Daur Air Siswa Kelas V SDN Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-baskoroep-43635-1-pendahul-n.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-baskoroep-43635-2-babi.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Keyword : pengaruh, media, prestasi belajar. Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah bahwa di SDN Wates terdapat cukup banyak siswa kelas V yang prestasi belajar IPA rendah di bawah standar yang telah ditetapkan, yaitu 72. Pembelajaran IPA seharusnya dilakukan secara aktif. Namun, ternyata guru masih banyak menjelaskan dan siswa kurang memahami materi yang dipelajarinya sehingga diperlukan media pembelajaran untuk mengurangi penjelasan guru dan ketidakpahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan media Magnet Cards pada pembelajaran IPA materi proses daur air siswa kelas V di SDN Wates Kapubaten Kediri, (2) mendeskripsikan prestasi belajar IPA materi proses daur air siswa kelas V di SDN Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, dan (3) menjelaskan pengaruh media Magnet Cards terhadap prestasi belajar IPA materi proses daur air siswa kelas V di SDN Wates Kapubaten Kediri. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, metode eksperimen, dan jenis penelitiannya adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SDN Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian didapatkan: (1) penggunaan media Magnet Cards dilakukan dengan cara memperkenalkan media, kartu-kartu bermagnet, kotak bermagnet, memberikan sedikit penjelasan penggunaan media, siswa mempratikkan media, siswa menyimpulkan proses pembelajaran serta siswa mencatat dan mendengarkan materi pembelajaran, (2) Pre-test kelas ekperimen rata-ratanya sebesar 42 lebih rendah daripada kelas kontrol yaitu, 42,24. Post-test kelas eksperimen yang diberi perlakuan rata-ratanya sebesar 68,33 lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu sebesar 59,14. Peningkatan prestasi (gain) kelas ekperimen rata-ratanya sebesar 0,44 atau 44% lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 0,28 atau 28%, dan (3) terdapat pengaruh media Magnet Cards terhadap prestasi belajar IPA materi proses daur air. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Magnet Cards disarankan dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA materi proses daur air sehingga prestasi belajar siswa meningkat dan memotivasi siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 09:32
Last Modified: 19 Oct 2016 09:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33842

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo