UMM Institutional Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Paliheber (Papan Lingkaran Hewan Berputar)Mata Pelajaran IPA Kelas V SD.

Ainaini, Izatul (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Paliheber (Papan Lingkaran Hewan Berputar)Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ainainiiza-43638-1-pendahul-n.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ainainiiza-43638-2-babi.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengembangan, Media pembelajaran, IPA, PALIHEBER (Papan Lingkaran Hewan Berputar) Abstrak Pada pembelajaran IPA, media pembelajaran merupakan hal yang paling menunjang dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, guru dituntut untuk menjadikan pembelajaran lebih inovatif, yang dapat mendorong siswa untuk belajar optimal, baik belajar sendiri maupun secara berkelompok. Oleh karena itu, sumber belajarnya harus efektif, dan selektif sesuai dengan pokok bahasan yang diajarkan. Paliheber (Papan Lingkaran Hewan Berputar) adalah media pembelajaran yang berbentuk lingkaran, yang didalamnya terdapat gambar-gambar hewan dan dapat berputar pada bidang datar yang berdiri tegak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Paliheber (Papan Lingkaran Hewan Berputar) Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran berbentuk visual dan dua dimensi. Untuk mengetahui tingkat kelayakan produk melalui validasi beberapa ahli dan ujicoba produk. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 10 tahap pengembangan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, ujicoba pemakaian, revisi produk, ujicoba produk, revisi desain, revisi produk, produksi masal. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, penelitian ini berhenti sampai tahap kedelapan yaitu tahap ujicoba pemakaian. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli media menunjukkan bahwa desain media pembelajaran Paliheber (Papan Lingkaran Hewan Berputar) menunjukkan presentase 100% dengan kriteria sangat valid. Hasil yang diperoleh dari ahli materi menunjukkan kriteria sangat valid dengan presentase 80%, sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli pemebelajaran IPA SD menunjukkan kriteria sangat Valid dengan presentase 96,25 %. Selain itu, hasil uji coba produk kelompok kecil pada 10 siswa kelas V SD Muhammadiyah 05 dengan presentase 93%. Sedangkan uji kelompok besar kepada 17 siswa SDN Sumbersekar 02 sebesar 97,5%. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Paliheber (Papan Lingkaran Hewan Berputar) mata pelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah 5 dan di SDN Sumbersekar 02.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 09:19
Last Modified: 19 Oct 2016 09:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33839

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo