UMM Institutional Repository

Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pembelajaran PPKn Kelas VI MI. Miftahul Huda Kangayan Sumenep

Asharul Fauli, Fauli (2016) Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pembelajaran PPKn Kelas VI MI. Miftahul Huda Kangayan Sumenep. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asharulfau-43639-1-pendahul-n.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asharulfau-43639-2-bab1.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Keyword : Aktivitas belajar siswa, dalam penggunaan media kartu bergambar Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di MI. Miftahul Huda Kangayan-Sumenep, khususnya pada materi Nilai-nilai juang dalam proses perumusan pancasila. Hal ini disebabkan karena penyampaian materi yang kurang menarik dan tidak disertai media pendukung, sehingga ketertarikan dan aktivitas siswa tentang materi nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sangat rendah. Penggunaan media kartu bergambar yang dapat menjadikan suasana pembelajaran menyenangkan, siswa lebih aktif dalam kelas dan melatih siswa lebih berpikir logis, sehingga siswa akan lebih tertarik dalam belajar materi nilai-nilai juang dalam proses perumusan pancasila. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi nilai-nilai juang dalam proses perumusan pancasila dengan menggunakan media kartu bergambar. Jenis penelitian ini yaitu PTK, penelitian tindakan ini dari siklus satu ke siklus berikutnya, tahapan setiap siklus dimulai dari observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi pada analisis data. Berdasarkan data yang terkumpul dalam penelitian ini, pada siklus I rata-rata nilai siswa yaitu 65 siswa tuntas hanya 4 dari 14 siswa a. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa yaitu 77, pada siklus II diperoleh 11 dari 13 siswa yang mencapai ketuntasan dari KKM yang ditetapkan oleh peneliti yaitu 70, sehingga penelitian ini dihentikan karena pada siklus II pencapaian indikator mencapai 84% Pada aktivitas belajar pada ke empat aspek yaitu perhatian siswa pada siklus 1 mencapai 71% ,aspek keaktifan bertanya mencapai 28%,aspek mencatat materi mencapai 0%,penggunaan media pembelajaran mencapai pada saat pembelajaran 71%,penggunaan media pembelajaran pada saat mengerjakan soal mencapai mencapai 71%. Pada siklus II aktivitas belajar, Aktivitas perhatian 76%,aspek keaktifan bertanya 76%,aspek mencatat materi mencapai 69%, aspek penggunaan media pada saat pembelajaran mencapai 76%dan aspek penggunaan media pembelajaran pada saat mengerjakan soal mencapai 76%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 09:06
Last Modified: 19 Oct 2016 09:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33838

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo