UMM Institutional Repository

Analisis Pembelajaran bagi Aank Tunadaksa di SDLB Kedungkandang Malang.

Dinnur Irla Putri, Rahajeng (2016) Analisis Pembelajaran bagi Aank Tunadaksa di SDLB Kedungkandang Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahajengdi-43640-1-pendahul-n.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahajengdi-43640-2-babi.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pembelajaran, Tunadaksa Abstrak Pembelajaran adalah suatu usaha sadar yang dilakukan guru untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Pembelajaran di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Kedungkandang dilakukan secara berkelompok dengan mengelompokkan setiap kelainan yang dialami siswa pada tiap kelas. Salah satu kelas yang berbeda yaitu kelas bagi anak tuna daksa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bagi anak tuna daksa di SDLB Kedungkandang, (2) Mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran bagi anak tuna daksa di SDLB Kedungkandang, (3) Mendeskripsikan solusi terhadap kendala pelaksanaan pembelajaran bagi anak tuna daksa di SDLB Kedungkandang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang dipilih adalah kepala sekolah, guru kelas tunadaksa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2016 yaitu pada tanggal 16-20 Oktober 2016 dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran bagi anak tuna daksa di SDLB Kedungkandang yang dilakukan oleh guru dan siswa tunadaksa. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh guru disesuaikan RPP yang telah dirancang oleh guru. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai metode, media. Metode pembelajaran seperti Tanya jawab, penugasan, mengamati. Metode tersebut berguna untuk membuat siswa bersemangat dalam melakukan pembelajaran. Media yang digunakan guru alam pembelajaran berupa gambar yang difotokopi dari buku siswa. (2) kendala- kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran bagi anak tuna daksa di SDLB Kedungkandang. Kendala tersebut seperti kurangnya ketersediaan buku siswa tunadaksa yang tersedia hanya satu buku, kondisi siswa yang terlalu aktif pada saat pembelajaran, kurangnya waktu pelajaran dikarenakan keterbatasan yang dimiliki siswa tunadaksa dalam memahami pelajaran sangat lambat sehingga guru dalam melakukan pembelajaran lambat dan harus mengulang-ulang sehingga memakan waktu yang banyak, serta pengguanaan media yang kurang hanya menggunakan gambar yang difotocopi dari buku siswa tunadaksa. (3) solusi guru terhadap kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran bagi anak tuna daksa di SDLB Kedungkandang seperti memperbanyak buku siswa dengan cara memfotocopi, melakukan pendekatan individual kepada siswa tunadaksa, materi pelajaran yang tidak keseluruhan akibat kurangnya waktu pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran, penggunaan media benda nyata atau benda kongkret dalam menjelaskan materi pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 09:03
Last Modified: 19 Oct 2016 09:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33837

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo