UMM Institutional Repository

Pelaksanaan Reward Dan Punishment pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Mojosari IV Puger Kab.Jember Tahun Ajaran 2015/2016

Maulana, Akbar (2016) Pelaksanaan Reward Dan Punishment pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Mojosari IV Puger Kab.Jember Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maulanaakb-43641-1-pendahul-n.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maulanaakb-43641-2-babi.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pelaksanan, Reward dan Punishment, Matematika Abstrak Reward dan Punishment merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang memiliki kelebihan. Reward diberikan kepada siswa yang berprestasi, berperilaku baik, rajin, tekun, dan lain-lain. Sedangkan punisment itu suatu hukuman atau ganjaran yang diberikan kepada siswa yang melanggar aturan, etika kegiatan. Keduanya merupakan penghargaan, tetapi hendaknya pemberian Reward dan Punisment yang mendidik, membangun, bukan membuat siswa menjadi minder, besar hati, takabur,sombong. Reward dan Punishment menjadi pegangan para guru dalam mengkondisikan anak di kelas pada setiap kegiatan. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah cara guru memberikan reward dan punisment kepada siswa, sehingga mempunyai makna atau nilai bagi siswa dan diharapkan perilaku siswa bukan didasarkan atas motivasi ekstrinsik tetapi kontrol dari dalam diri siswa sendiri sehingga dalam pembelajaran tidak merasa bosan dan hasil belajarnya meningkatkan karena siswa telah mempunyai motivasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan reward dan punisment yang dilakukan guru pada mata pelajaran matematika di SDN Mojosari IV Puger 2) Untuk mendiskripsikan respon siswa setelah pelaksaaan reward dan punishment yang dilakukan guru pada mata pelajaran matematika di SDN Mojosari IV Puger. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif yang menggambarkan fenomena yang terjadi sebagaimana adanya. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemberian reward dan punishment mampu mengontrol siswa dalam melakukan berbagai tindakan dalam kegiatan belajar mengajar matematika, guru memberikan reward kepada siswa yang mendapatkan nilai yang sesuai dengan standar minimal kelulusan yang disepakati oleh sekolah, dan punishment tidak diberikan sewenang-wenang sesuai dengan kesalahan siswa yang telah diperbuat. (2) respon siswa terhadap reward dan punishment memberikan dampak yang baik bagi siswa, siswa merasa termotivasi dalam belajarnya sehingga siswa dapat menerima pelajaran dengan baik, bersemangat dan berani bertanya ketika mengalami kesulitan dalam mengarjakan soal-soal latihan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:59
Last Modified: 19 Oct 2016 08:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33836

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo