UMM Institutional Repository

Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Tema 4 (Sehat Itu Penting) Buku Tematik 2013 Kelas V SDN Sumbersari 1 Malang.

Rahman, Festi Yanti (2016) Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Tema 4 (Sehat Itu Penting) Buku Tematik 2013 Kelas V SDN Sumbersari 1 Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmanfest-43642-1-pendahul-n.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmanfest-43642-2-babi.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Keyword : Butir Soal, Ujian Akhir Semester Ganjil, Buku Tematik 2013 Abstrak Evaluasi pendidikan adalah kegiatan menilai dari sesuatu yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Kegiatan mengevaluasi tersebut salah satunya ditujukan oleh guru, dalam hal ini guru sebagai salah satu komponen terpenting dalam pendidikan. Menganalisis butir soal adalah salah satu kegiatan pengevaluasian, yang ditujukan kepada guru karena dalam hal ini guru berperan penting dalam pembuatan soal pada setiap mata pelajaran yang bersangkutan. Kegiatan menganalisis butir soal sangatlah penting dalam setiap tes yang akan diujikan, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas soal tersebut. Setelah diadakan kegiatan menganalisis butir soal ujian sekolah kelas V dengan menggunakan data yaitu berupa soal ujian, kunci jawaban dan hasil jawaban pekerjaan siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa hampir seluruh jumlah soal ujian sekolah yang diberikan mudah dikerjakan oleh semua siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana kualitas butir soal mulai dari validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan efektifitas pengecoh soal Ujian Sekolah dengan menggunakan analisis butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan mendiskripsikan kualitas soal ujian akhir semester kelas V SDN Sumbersari 1 Malang berdasarkan analisis teoritik 2) mengetahui dan mendiskripsikan kualitas soal ujian akhir semester kelas V SDN Sumbersari 1 Malang berdasarkan analisis empirik. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif, Penelitian deskriptif pada dasarnya membuat gambaran mengenai sesuatu atas kejadian, sehingga penelitian ini berkehendak mengadakan akumulasi data dasar. Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada masa sekarang sehingga peneliti ingin menganalisa data aktual tentang analisis kualitas dan kuantitas butir soal. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas pada soal plihan ganda 32% yang valid dan 68% tidak valid, reliabilitas pada butir soal pilihan ganda yaitu 0,5, pada daya beda menunjukkan 48% yang tidak memiliki daya beda dan 52% tidak memiliki daya beda, tingkat kesukaran terdapat 17 butir soal yang bersifat sangat mudah dan hanya 1 yang memiliki soal yang sulit, pada efektifitas pengecoh soal pada pilihan ganda menunjukkan 28% soal yang baik dan 72% soal yang tidak baik. Pada soal isian singkat validitas menunjukkan 21% yang valid dan 79% tidak valid, reliabilitas untuk jawaban singkat 0,33, tingkat kesukaran butir soal yang mudah 10 butir dan yang sedang 8 %, untuk soal uraian memiliki validitas 28% yang valid, dan 72% tidak valid, reliabilitas pada soal uraian 0,58, tingkat kesukaran pada soal uraian 6 butir soal bersifat mudah dan 9 soal bersifat sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:56
Last Modified: 19 Oct 2016 08:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33835

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo