UMM Institutional Repository

Pengembangan Media Multiple Magnetic Board (MMB) Untuk Materi Perkalian Bilangan Pada Kelas II Sekolah Dasar.

Melinita, Okky Rizki (2016) Pengembangan Media Multiple Magnetic Board (MMB) Untuk Materi Perkalian Bilangan Pada Kelas II Sekolah Dasar. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-melinitaok-43643-1-pendahul-n.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-melinitaok-43643-2-babi.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengembangan, media, Multiple Magnetic Board (MMB), Matematika. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa guru belum memiliki media berupa benda kongkret yang dapat digunakan untuk belajar tentang perkalian bilangan. Guru lebih mengandalkan buku dan papan tulis untuk menjelaskan materi. Keterbatasan media pembelajaran disebabkan kurangnya fasilitas dari sekolah dan guru kurang memiliki banyak waktu untuk membuat media pembelajaran. Melalui penggunaan media pembelajaran dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan media Multiple Magnetic Board (MMB) untuk materi perkalian bilangan pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mendeskripsikan pengembangan media Multiple Magnetic Board (MMB) untuk materi Perkalian bilangan pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Media ini dikembangkan mengikuti langkah-langkah prosedural dari Sugiyono (2010). Adapun langkah-langkah yang ditempuh untuk menghasilkan produk meliputi (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk tahap akhir, (10) produksi massal. Data dan sumber data berupa angket respon siswa. Metode yang digunakan meliputi wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Tekhnik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan mengubah data kuantitatif menjadi bentuk persentase, kemudian diinterpretasikan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu : (1) pengembangan media diperoleh dari beberapa tahapan, diantaranya : analisis kebutuhan, proses pengembangan, pengukuran kelayakan oleh para ahli, revisi produk dan uji coba produk, (2) produk akhir dari proses pengembangan berupa media Multiple Magnetic Board (MMB) memiliki kualitas baik sekali dengan kriteria sangat layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika, (3) hasil validasi ahli media memberikan persentase tingkat kelayakan 86,8%, ahli materi 93,3%, dan ahli pembelajaran 90%, (4) hasil uji coba kelompok kecil 92,6% dan uji coba kelompok besar menunjukkan persentase 98,4%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:53
Last Modified: 19 Oct 2016 08:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33834

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo