UMM Institutional Repository

Analisis Pelaksanaan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Kelas 2 SD Muhammadiyah 05 Kota Malang.

Suaidah, Habibatus (2016) Analisis Pelaksanaan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Kelas 2 SD Muhammadiyah 05 Kota Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suaidahhab-43646-1-pendahul-n.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suaidahhab-43646-2-babi.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pendekatan saintik, Pembelajaran tematik, Aktifitas Siswa, Aktifitas Guru Abstrak Penelitian ini di latar belakangi dari hasil observasi awal yang dilakukan pada siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 05 Kota Malang tentang pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik. Langkah-langkah pendekatan saintifik telah dilaksanakan, namun dalam bebrapa kegiatan pencapaiannya belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik (2) Aktifitas Guru pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik (3) Aktifitas Siswa pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas 2 SD Muhammadiyah 05 Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif yang menggambarkan fenomena yang terjadi sebagaimana mestinya. Pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar penilaian aktifitas guru, lembar penilaian aktifitas siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif untuk menggambarkan faktor-faktor masalah yang diteliti serta persentase keterlaksanaan pembelajaran. Pengambilan data dilakukan sejak awal sampai akhir penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik sudah sesuai dengan langkah-langkah pendekatan saintifik dengan menerapkan kegiatan mengamati, menanya, megumpulkan informasi, mengolah informasi serta mengkomunikasikan pembelajaran. (2) Aktifitas guru pada pendekatan saitifik dalam pembelajaran tematik sudah terlaksana, namun pada kegiatan menanya dan mengkomunikasikan masih belum terlaksana dengan maksimal. (3) Aktifitas siswa pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terdapat kekurangan dalam kegiatan mengamati, menanya dan mengkomunikasikan. Hal ini dikarenakan karakter siswa yang berbeda-beda sehingga pada beberapa kegiatan tersebut siswa kurang merespon dan kurang antusias. Secara keseluruhan aktifitas siswa sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:50
Last Modified: 19 Oct 2016 08:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33833

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo