UMM Institutional Repository

Strategi Pembelajaran Integratif Guru Kelas 1 Pada Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 09 Malang

Dewi, Entin Wardha Hafidda (2016) Strategi Pembelajaran Integratif Guru Kelas 1 Pada Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 09 Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewientinw-43654-1-pendahul-n.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewientinw-43654-2-babi.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Keyword : Strategi Pembelajaran Integratif Guru Kelas 1 Dalam Pembelajaran Abstrak Pembelajaran Tematik adalah sistem pembelajaran yang berfokus pada pembelajar.Strategi pembelajaran yang digunakan, strategi belajar pengelompokan dan strategi individual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan seleksi materi ajar pembelajaran tematik guru kelas 1 di SD Muhammadiyah 09 Malang, (2) mendeskripsikan gradasi materi ajar pembelajaran tematik guru kelas 1 di SD Muhammadiyah 09 Malang, (3) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik guru kelas 1 di SD Muhammadiyah 09 Malang, (4) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tematik guru kelas 1 di SD Muhammadiyah 09 Malang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif yang mendeskripsikan kejadian lapang. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 09 Malang yang beralamat di Jl. R. Tumenggung Suryo No. 5, Malang. Analisis wawancara, observasi dan dokumentasi subjek penelitian guru kelas 1C SD Muhammadiyah 09 Malang. Hasil penelitian menunjukkan (1) Guru menyeleksi materi ajar yang akan diajarkan yang sesuai dengan silabus dan RPP sebelum melaksanakan pembelajaran guru menyeleksi materi yang akan diajarkan yang bertujuan untuk memperoleh hasil pembelajaran yang efektif, (2) Guru mengradasi materi ajar dengan mengurutkan materi, dari materi yang sulit ke materi yang mudah, sehingga guru mengetahui materi yang dapat disampaikan terlebih dahulu, yaitu materi yang sulit sehingga siswa tidak malas saat mendapatkan materi sulit diakhir pembelajaran dengan cara tersebut guru memiliki cara untuk membuat siswa tidak malas saat mendapat materi yang paling sulit, (3) Pelaksanaan pembelajaran tematik dilaksanakan guru di kelas untuk menyampaikan materi guru menggunakan metode ceramah yaitu menjelaskan materi guru juga mengguakan metode tanya jawab yang bertujuan untuk mengetahui siswa sudah memahami atau belum tentang materi tersebut, (4) Evaluasi yang dilakukan oleh guru menggunakan pembelajaran tematik, guru dapat mengetahui hasil dari pemahaman siswa didalam kelas pada materi yang diajarkan oleh guru evaluasi pembelajaran dilaksanakan pada akhir pembelajaran hasil evaluasi dapat diketahui siswa yang memiliki nilai tinggi dan siswa yang memiliki nilai rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:47
Last Modified: 19 Oct 2016 08:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33832

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo