UMM Institutional Repository

Pengembangan Media Handout Sebagai Pendamping Buku Tematik Terpadu kelas 4 SDN Cemorokandang 2 Kota Malang. Skripsi

Ulum, Anbaul (2016) Pengembangan Media Handout Sebagai Pendamping Buku Tematik Terpadu kelas 4 SDN Cemorokandang 2 Kota Malang. Skripsi. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ulumanbaul-43704-1-pendahul-n.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ulumanbaul-43704-2-babi.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Keyword : pengembangan, media, handout, tematik terpadu. Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang mampu memberikan pemahaman terhadap materi yang dipelajari oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar . Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa media handout yang dapat membantu menunjang proses pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pada pembelajaran tematik. Media dikembangkan menggunakan metode prosedural. Jenis penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan penelitian, pengembangan media handout terbagi menjadi beberapa langkah, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal pada kelompok kecil, revisi produk, uji coba lapangan pada kelompok besar, dan revisi produk. Media handout mengintegrasikan mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia, dan Matematika. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media handout dalam kegiatan pembelajaran mendapatkan respon positif dari siswa, hal ini ditunjukkan dengan prosentase respon siswa sebesar 100%. Penggunaan media handout dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, hal ini ditunjukkan dengan prosentase ketuntasan siswa sebesar 85%. Media handout juga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran tanpa revisi, hal ini ditunjukkan dengan prosentase penilaian validator ahli media sebesar 85%, dan prosentase validator ahli materi dan validator ahli pembelajaran sebesar 95%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:43
Last Modified: 19 Oct 2016 08:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33831

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo