UMM Institutional Repository

Pengembangan Media Popin Card (Power Point Kartu) Pada Materi Membaca Kelas I SD.

Agung, Drajat Hendrix Setya (2016) Pengembangan Media Popin Card (Power Point Kartu) Pada Materi Membaca Kelas I SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agungdraja-43707-1-pendahul-n.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agungdraja-43707-2-bab1.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengembangan, Popin Card, Membaca, Abstrak Membaca merupakan salah satu dari empat komponen penting yang harus dimengerti oleh anak. Kegiatan membaca yang dikemas dalam media pembelajaran yang variatif dapat membuat siswa aktif untuk mengikuti dan berpartisipasi langsung dalam pembelajaran. Media yang dikembangkan pada penelitian ini yaitu Popin Card (Power Point Kartu) materi membaca. Pada masa sekarang membaca adalah suatu kebutuhan yang wajib dipelajari. Membaca merupakan kegiatan melafalkan simbol huruf. Kegiatan membaca identik dengan buku dan bahan bacaan. Perkembangan jaman yang semakin maju menyebabkan banyaknya anak malas membaca, bahkan ada yang belum mengenal huruf. Hal ini disebabkan oleh banyaknya teknologi yang berkembang seperti laptop dan gadget. Karena anak-anak lebih memilih laptop dan gadget yang praktis untuk dimainkan, maka media Popin Card dapat menjadi solusi untuk mengenalkan huruf dan membaca kata di sekolah dasar. Tujuannya adalah agar anak senang membaca dan semakin aktif Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development) yaitu, menggunakan model Borg and Gall. Adapun langkah-langkah pengembangan yang dimaksud adalah Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Perbaikan Desain, Uji coba Produk, Revisi Produk, Uji coba Pemakaian, Revisi Produk Tahap Akhir dan Produksi Massal. Pengembangan produk pada penelitian ini, hanya dilakukan hingga langkah (9) yaitu Revisi Produk Tahap Akhir. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukan bahwa desain media Popin Card menunjukkan kriteria sangat valid dengan presentase 91%. Hasil yang diperoleh dari ahli materi menunjukan kriteria sangat valid dengan presentase 94% sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran menunjukan kriteria sangat valid dengan presentase 100%. Selain itu, hasil uji coba produk kelompok kecil pada 10 siswa kelas I SDN Dinoyo 3 Malang dengan presentase respon positif siswa sebanyak 91%. Sedangkan uji coba kelompok besar dengan menggunakan 25 siswa kelas I SDN Rampal Celaket 1 Malang menunjukan presentase sebesar 94%. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media Popin Card dapat dijadikan sebagai media pembelajaran materi membaca. Saran kepada para pendidik adalah harus dapat memilih atau membuat media pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:37
Last Modified: 19 Oct 2016 08:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33829

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo