UMM Institutional Repository

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas II SDN Gempolpendowo dengan Pembelajaran CIRC Kabupaten Lamongan.

M Sunarto S, Satriya (2016) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas II SDN Gempolpendowo dengan Pembelajaran CIRC Kabupaten Lamongan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-satriyamsu-43711-1-pendahul-n.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-satriyamsu-43711-2-babi.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Keyword : peningkatan, kemampuan, menulis, cerita, model CIRC Abstrak Hal yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia dan kemampuan menulis cerita siswa kelas II SDN Gempolpendowo Lamongan, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan bagaimana proses penerapan pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Gempolpendowo Lamongan, (2) Menjelaskan bagaimana hasil belajar siswa kelas II SDN Gempolpendowo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkannya pembelejaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas II SDN Gempolpendowo Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 12 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2015 dalam dua tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan pengambilan data hasil pembelajaran guru, sedangkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model CIRC pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita tama “Hiburan“ di SDN Gempolpendowo Kabupaten Lamongan membuat siswa semakin bersemangat dalam kegiatan belajar dikelas. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,7%, (2) penggunaan model CIRC dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi menulis cerita. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 96% dan hanya satu siswa yang belum mencapai KKM. Hasil penelitian ini, model CIRC disarankan untuk dipergunakan sebagai acuhan dalam penyusunan program pengajaran dan bimbingan belajar serta mengembangkan model pembelajaran lain yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:24
Last Modified: 19 Oct 2016 08:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33825

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo