UMM Institutional Repository

Hubungan Antara Media Poster Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Lingkungan SD Bedali 01 Lawang Kabupaten Malang

Rizki, Rachmawati (2016) Hubungan Antara Media Poster Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Lingkungan SD Bedali 01 Lawang Kabupaten Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rachmawati-43791-1-b.pendah-p.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rachmawati-43791-2-bab1.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Keyword : Media Poster, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Abstrak Sehat merupakan hak setiap individu agar dapat melakukan segala aktivitas hidup sehari-hari. Untuk bisa hidup sehat, kita harus mempunyai perilaku hidup bersih dan sehat. Perilaku ini merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran. Promosi kesehatan dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode dan media yang disesuaikan dengan sasaran. Cara efektif dalam pendekatan kelompok adalah dengan media poster. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara media poster dengan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan SD Bedali 01 Lawang Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Regresi digunakan untuk memperoleh informasi mengenai taraf hubungan yang terjadi antara variabel (ubahan) kriterium dan prediktor, dengan menggunakan angket sebagai instrument penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Bedali 01 Lawang Kabupaten Malang, yang berjumlah 143 responden. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD berjumlah 40 orang. Berdasarkan gambaran umum dari hasil penelitian, bahwa terjadi hubungan yang kuat antara variabel Media Poster (X) dan variabel Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Y), di lingkungan SD Bedali 01 Lawang Kabupaten Malang. Sedangkan arah hubungan adalah positif karena nilai positif. Dari hasil Uji hipotesis terdapat hubungan antara media poster dengan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan SD Bedali 01 Lawang Kabupaten Malang. Dimana harga Thitung (3,300) lebih besar dari r table (0,304). Koefisien determinasi r square sebesar 0,761yang berarti 76,1%. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung sebesar 3.300. Jika dibandingkan dengan Ttabel sebesar 0,304 pada taraf signifikasi 5% maka Thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini menunjukan bahwa H0 diterima dan HI ditolak yaitu “Terdapat hubungan antara media poster dengan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan SD Bedali 01 Lawang Kabupaten Malang”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:14
Last Modified: 19 Oct 2016 08:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33823

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo