UMM Institutional Repository

Penerapan metode Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Jeru 01.

Adhim, Mulki (2016) Penerapan metode Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Jeru 01. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adhimmulki-43792-1-pendahul-n.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adhimmulki-43792-2-babi.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Keyword : Group Investigation (GI), Hasil Belajar, IPS Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi dari kesulitan belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Jeru 01 pada materi Kenampakan Alam di lingkungan Kabupaten/kota dan Provinsi serta Hubungannya dengan Keragaman Sosial dan Budaya. berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti guru terlihat lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh metode ceramah dan kelompok yang sulit dipahami siswa sehingga mengakibatkan pembelajaran berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Group Investigation (GI) pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Jeru 01 tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 28 siswa. Adapun langkah-langkah pembelajaranya adalah perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, serta analisis data yang semuanya dilaksanakan di dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Berdasarkan hasil analisis, diketahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar IPS dari siklus I, siswa tuntas memenuhi KKM yaitu 70 sejumlah 12 siswa atau 47% dan siswa belum tuntas memenuhi KKM sejumlah 16 siswa atau 53%. Sedangkan hasil belajar IPS dari siklus II, siswa yang tuntas memenuhi KKM sejumlah 25 siswa atau 90% dan siswa yang belum tuntas sejumlah 3 siswa atau 10%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPS yang optimal dilihat dari ketuntasan pada siklus I sebesar 47% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Jeru 01.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:11
Last Modified: 19 Oct 2016 08:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33822

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo