UMM Institutional Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema Berbagai Pekerjaan Pada Siswa Kelas IV SDN Mojolangu 05 Malang.

Pramestika, Resti Ajeng (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema Berbagai Pekerjaan Pada Siswa Kelas IV SDN Mojolangu 05 Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pramestika-43644-1-pendahul-n.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pramestika-43644-2-babi.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Keyword : pengaruh, model role playing, aktivitas belajar, hasil belajar, tema berbagai pekerjaan. Abstrak Berdasarkan penelitian awal dan wawancara dengan guru ditemukan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, dengan ini peneliti merumuskan suatu penelitian dengan menerapkan model Role Playinguntuk mengetahui pengaruh dan meningkatkan aktivitas serta hasil belajar tema berbagai pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Role Playing terhadap aktivitas dan hasil belajar tema berbagai pekerjaan pada siswa kelas IV SDN Mojolangu 05 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen berbentuk True Eksperimental Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Mojolangu 05 Malang berjumlah 25 orang. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah dengan menggunakan sampling secara random proporsional (proporsional random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data untuk hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pada aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus dengan model role playing dibandingkan kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajaran biasa menggunakan ceramah bervariasi. Pada aktivitas belajar siswa kelas eksperimen ditunjukkan dengan nilai 73,85 sedangkan aktivitas siswa pada kelas kontrol ditunjukkan nilai 67,09 yang berarti dari kedua kelas ini terdapat selisih nilai yaitu 6,67. Sedangkan pada hasil belajar dapat dilihat pada nilai pretest dan postest di kelas kontrol dengan nilai rata-rata 73,33 serta hasil belajar pada kelas eksperimen atau yang diberi perlakuan model pembelajaran role playing dengan hasil belajar rata-rata yaitu 77,92. Dari kedua hasil rata-rata nilai tersebut terdapat selisih yaitu 5, jadi perbedaan pretest dan posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Dari hasil perhitungan antara kelompok kontrol dan eksperimen telah terjadi peningkatan hasil belajar yang ditunjukkan bahwa t-hitung (2,098) > t-tabel (1,686) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh nyata pada hasil post-testkelas eksprimen dan kontrol.Berdasarkan perhitungan tabel tersebut, dapat dilihat bahwa nilai t-hitung untuk kelas kontrol dengan db 13 yaitu 2,098 , pada t-tabel dengan db 12 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh 1,686 , karena t-hitung > t-tabel maka Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:04
Last Modified: 19 Oct 2016 08:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33820

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo