UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA "KERBAU" (KERANGKA BANGUN RUANG) MATERI SIFAT SIFAT BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

KRISTIANTORO, SUSILO BAYU (2016) PENGEMBANGAN MEDIA "KERBAU" (KERANGKA BANGUN RUANG) MATERI SIFAT SIFAT BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-susilobayu-43986-1-pendahul-n.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-susilobayu-43986-2-babi.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pendidikan matematika dikemas dengan sebuah media permainan yang bervariatif dapat membuat siswa aktif untuk mengikuti dan berpartisipasi langsung dalam pembelajaran. Pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan media kerbau. Kerbau merupakan media pembelajaran yang menyenangkan yang digunakan untuk memahami materi siswa membongkar sisi sisi yang ada di bangun yang telah di pilih oleh siswa dan dapat menemukan beberapa jenis jaring jaring dalam sebuah bangun.lalu menyusun jaring jaring dan menampilkan hasil bangun ruang yang di rakitnya. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan media yang kurang besar dan kurang banyak dalam pembuatan yang membuat siswa terlalu susah untuk memasang dan merakit di tiap sisinya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development) yaitu, menggunakan model Borg and Gall. Adapun langkah-langkah pengembangan yang dimaksud adalah Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Perbaikan Desain, Ujicoba Produk, Revisi Produk, Ujicoba Pemakaian, Revisi Produk Tahap Akhir dan Produksi Massal. Pengembangan produk pada penelitian ini, hanya dilakukan hingga langkah (8) yaitu ujicoba pemakaian. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukan bahwa desain media kerbau menunjukan kriteria sangat valid dengan presentase 80%. Hasil yang diperoleh dari ahli materi menunjukan kriteria sangat valid dengan presentase 90% sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran di SDN Resapombo 04 menunjukan kriteria sangat valid dengan presentase 91,76%. Serta hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran di SDN Siraman 04 menunjukan kriteria sangat valid dengan presentase 97,64%. Selain itu, hasil ujicoba produk kelompok kecil pada 4 siswa kelas IV SDN Resapombo 04 dengan presentase respon positif siswa sebanyak 93,31%. Sedangkan ujicoba kelompok besar dengan menggunakan 28 siswa kelas IV SDN Resapombo 04 Blitar menunjukan presentase sebesar 96,15% . hasil ujicoba produk kelompok kecil pada 4 siswa kelas IV SDN Siraman 04 dengan presentase respon positif siswa sebanyak 93,31%. Sedangkan ujicoba kelompok besar dengan menggunakan 22 siswa kelas IV SDN Siraman 04 Blitar menunjukan presentase sebesar 94,40% .berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media kerbau dapat dijadikan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Oct 2016 07:27
Last Modified: 29 Jan 2018 03:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33818

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo