MARDIANTI, WULANSARI (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI PUISI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN LANDUNGSARI 02 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-wulansarim-43987-1-pendahul-n.pdf Download (912kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-wulansarim-43987-2-babi.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Keyword : Puisi Media Audio Visual, Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Penelitian dengan judul. “Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Puisi Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN Landungsari 02 Kecamatan Dau Kabupaten Malang”, ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pembelajaran bahasa Indonesia dengan media audio-visual dapat meningkatkan memahami isi puisi pada siswa kelas V SDN Landungsari 02 Kecamatan Dau Kabupaten Malang. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dalam memahami puisi dengan media audio-visual pada siswa kelas V SDN Landungsari 02 Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 17 siswa kelas V SDN Landungsari 02 kecamatan dau kabupaten Malang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi siswa, guru, dan lembar kerja kelompok. Data yang diperoleh dianalisis dengan kualitatif diskriptif. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman isi puisi dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SDN Landungsari 02 Dau Malang terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang sangat signifikan, dimana pada siklus I untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa peneliti menggunakana puisi yang berjudul “Sembahyang Rumputan” dan pada siklus II peneliti menggunakan puisi yang berjudul “Guru”. Berdasarkan hasil pelaksanaan dari penelitian tindakan pada siklus I yang menggunakan puisi yang berjudul “Sembahyang Rumputan”, pemahaman siswa pada materi puisi dan isi puisi masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase ketuntasan klasikal hanya sebanyak 41.17% dari keseluruhan jumlah siswa yang ada, serta memilki beberapa kendala yaitu kurang optimalnya pelaksanaan tindakan guru mulai dari perencanaan, perancangan media, sampai pada teknis penggunaan media itu sendiri sehingga berimplikasi pada pencapaian hasil belajar siswa. Berdasarkan kekurangan yang didapat dari siklus I maka dilakukan tindakan untuk siklus II dengan menggunakan puisi yang berjudul “guru” sehingga pada siklus II pemahaman siswa terhadap materi puisi dan isi puisi sangat baik ditandai dengan presentase klasikal siswa mencapai 88.23% dari keseluruhan jumlah siswa yang ada, penggunaan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman isi puisi siswa pada siklus ke II dinyatakan berhasil karena dari jumlah siswa secara keseluruhan sebanyak 17 siswa hanya 2 orang siswa yang belum tuntas dan melebihi kriteria ketuntasan minimal (75%).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | Mr Ahmad Adi Husada |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 07:24 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 07:24 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |