UMM Institutional Repository

Pemaknaan Remaja Awal Terhadap Iklan Peringatan Pemerintah Pada Kemasan Rokok Tentang Bahaya Merokok (Studi resepsi Pada Perkumpulan Remaja Karang Taruna Dusun Mendalan Wetan, Wagir, Kabupaten Malang)

Firmansyah, Erwin (2016) Pemaknaan Remaja Awal Terhadap Iklan Peringatan Pemerintah Pada Kemasan Rokok Tentang Bahaya Merokok (Studi resepsi Pada Perkumpulan Remaja Karang Taruna Dusun Mendalan Wetan, Wagir, Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-erwinfirma-42550-1-pendahul-n.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-erwinfirma-42550-2-babi.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari sebuah peringatan bahaya merokok yang ada pada kemasan rokok. ILM ( Iklan Layanan Masyrakat) merupak bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarkat, dalam hal ini membicarakan tentang kesehatan masyarakat. Pemerintah mengeluarkan sebuah peraturan kepada produsen rokok agar menyematkan gambar pada kemasan yang ada. Hal ini untuk mengetahui bagaimana pemaknaan masyarakat khususnya remaja yang berumur 12 – 19 tahun yang sudah mengkonsumsi rokok. Sebenarnya jika langsung turun ke lapangan dapat kita amati dan banyak kita jumpai pada remaja usia 12 – 19 tahun, baik itu yang berstatus pelajar maupun remaja putus sekolah, mereka sudah mengkonsumsi rokok. Sebenarnya pada usia 12 – 19 tahun sudah ada himbauan pada kemasan rokok untuk tidak menjual atau memberikan rokok pada remaja seusia itu. Pemerintah merumuskan dan memunculkan himbauan tersebut pada produsen rokok pada 24 juni 2014, dengan acuan Peraturan Pemerintah no. 102 tahun 2012 serta Peraturan Menteri Kesehatan no.28 tahun 2013. Hal tersebut menjelaskan tentang peraturan baru dalam memunculkan produk rokok dengan memberikan 5 gambar diantaranya (1) kanker paru – paru, (2) Merokok dekat anak yang membahayakan bagi kesehatan, (3) Merokok menyebabkan Kanker Tenggorokan, (4) merkok menyebabkan kanker mulut, dan (5) merokok membunuhmu dengan ilustrasi seseorang yang sedang merokok dan tengkorak. Lalu dalam kemasan tersebut juga dicantumkan kalimat himbauan pada sisi knan kemasan rokok “dilarang menjual atau memberi kepada anak dibawah 18 tahun dan perempuan hamil”. Namun kenyataan dilapangan berbeda dengan apa yang diharapkan pengiklan atau pemberi peringatan. Maka peneliti memilih hal tersebut untuk menjadi tema dari karya ilmiah (skripsi). Kegiatan dan lingkungan berpengaruh bagi pergaulan, beberapa pemuda karang taruna menjadi pilihan peneliti untuk mencari pemaknaan bahaya merokok yang ada dalam kemasan rokok tersebut. alasanya adalah dalam oorganisasi tersebut ada beberapa orang yang cukup relevan untuk diwawancarai. Hasil yang didapatkan adalah dari subyek yang sudah didapatkan data yang menunjukan bahwa dimana lebih banyak subyek yang memaknai hal tersebut sebagai sesuatu yang menjijijkan, menimbulkan kerisihan dan kurang respon jika peringatan tersebut ada pada kemasan rokok, hal ini diperkuat dengan perilaku sehari – hari mereka yang sulit untuk mengurangi konsumsi rokok mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Oct 2016 02:17
Last Modified: 19 Oct 2016 02:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33786

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo