UMM Institutional Repository

Efektivitas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Sesuai Peraturan Daerah No 10 Tahun 2010 (Studi Kasus Kemitraan dengan Bank Sampah Malang)

Wicaksono, Gigih (2016) Efektivitas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Sesuai Peraturan Daerah No 10 Tahun 2010 (Studi Kasus Kemitraan dengan Bank Sampah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gigihwicak-43108-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gigihwicak-43108-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sampah merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang disebabkan oleh pertumbuhan penduduk dan arus urbanisasi, seperti yang terjadi di Kota Malang. Meningkatnya volume sampah dapat menyebabkan penumpukan sampah yang berdampak kepada masyarakat dan lingkungan. Kurangnya kesadaran masyarakat akan sampah yang berkualitas dan berdaya guna yang menyebabkan penumpukan sampah yang berlebihan.. Dinas kebersihan dan pertamanan Kota Malang melakukan pengelolaan sampah dengan melaksanakan pengelolaan sampah sesuai peraturan daerah no 10 tahun 2010. Metode penelitian yang digunakan peneliti ini adalah kualitatid yaitu suatu pendekan penelitian yang mengungkapkan situasi social tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, dibentuk oleh kata kata berdasarkan teknik pengumpulan dan analisis data yang relevan yang diperoleh dari situasi yang alamiah. Sedangkan subyek penelitian adalah staf pegawai, staf operasional serta masyarakat. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan tentang efektivitas dinas kebersihan dan pertamanan dalam pengelolaan sampah rumah tangga sesuai peraturan daerah no 10 tahun 2010 meliputi pengelolaan sampah 3R (reuse, reduce, recycle) dapat dikatakan cukup baik yaitu telah melaksanakan pengolahan sampah sesuai peraturan daerah no 10 tahun 2010 dengan menggandeng bank sampah malang dalam pelaksanaan pengelolaan sampah. Bank sampah malang yang berbadan koperasi yang bergerak dibidang pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Bank sampah malang dan dinas bersama sama berusaha menggandeng masyarakat dalam pengelolaan sampah yang bersumber daya ekonomi. Adapun hambatan hambatan dalam pelaksanaan pengelolaan sampah sesuai peraturan daerah yaitu kurangnya kesadaran masyarakat akan menjaga lingkungan yang sehat dan masih adanya pengelolaan sampah yang tidak sesuai dengan peraturan daerah no 10 tahun 2010 seperti pembakaran sampah. Dinas kebersihan dan pertamanan kota malang sudah cukup baik dalam melaksanakan pengelolaan sampah rumah tangga sesuai peraturan daerah no 10 tahun 2010 dilihat dari penurunan volume sampah dari tempat pembuangan sampah ke tempat pembuangan akhir. Rekomendasi yang dapat dikemukakan dalam skripsi ini untuk dinas dan bank sampah malang adalah terus melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan sampah yang berdaya ekonomi dengan pengelolaan sampah 3R (reuse, reduce, recycle) Dalam prenelitian ini diharapkan bisa dijadikan sebagai bahan refrensi untuk menambah kepustakaan dan pengembangan pengetahuan tentang Efektivitas Dinas Kebersihan Kota Malang Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Sesuai Peraturan Daerah No 10 Tahun 2010. Di sampaing itu, bisa menjadi bahan evaluasi bagi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang untuk memperbaiki kekurangan dalam pengelolaan sampah rumah tangga yang berdaya ekonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Oct 2016 09:25
Last Modified: 18 Oct 2016 09:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33774

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo