UMM Institutional Repository

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 01 MALANG

NURUL, (2016) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 01 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurul20011-43076-1-pendahul-n.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurul20011-43076-2-babi.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Keyword : strategi guru PAI, pembinaan, akhlakul karimah Abstraksi Pendidikan akhlakul karimah dan budi pekerti merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan Islam, yang mendapatkan perhatian serius karena akhlakul karimah merupakan salah satu ajaran yang terpenting dalam sebuah proses pendidikan. Jika masa anak-anak jauh dari pendidikan akhlak, tidak diragukan lagi ketika memasuki usia dewasa anak akan tersesat dalam pergaulan. Peran orang tua dan guru sangat diperlukan untuk mengarahkan anak kearah yang lebih baik dalam proses penerapan pendidikan akhlakul karimah tersebut. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk: 1. mengetahui perubahan akhlakul karimah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Malang setelah mendapat pembinaan akhlakul karimah yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam; 2. mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Malang; 3. mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Malang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang disajikan secara deskriptif dan metode yang digunakan adalah studi kasus dengan analisis data kelompok. Metode penggumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa trategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Malang 01 dilakukan melalui lima tahapan diantaranya adalah pendekatan personal, pembiasaan yang baik, memberikan teladan, hafalan surat pendek sebagai prasyarat, memaksimalkan kegiatan kegamaan dan sosialisasi orang tua siswa. Faktor pendukung kegiatan pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 01 Malang adalah : motivasi dan dukungan penuh dari semua guru, sarana yang lengkap, bimbingan dan layanan kepada siswa. Faktor penghambat kegiatan pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 01 Malang adalah sebagai berikut: kurangnya kesadaran, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat atau pergaulan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Oct 2016 01:52
Last Modified: 18 Oct 2016 01:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33740

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo