UMM Institutional Repository

KAJIAN TENURIAL TERHADAP KUALITAS LAHAN PERTANIAN SEKITAR KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) R. SOERJO (Studi Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu)

SOPYAN, HAERUN (2016) KAJIAN TENURIAL TERHADAP KUALITAS LAHAN PERTANIAN SEKITAR KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) R. SOERJO (Studi Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-haerunsopy-43755-1-penduhul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-haerunsopy-43755-2-babi.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Keyword : Hutan, Tenurial, dan Kualitas Lahan Keberadaan hutan lindung, khususnya hutan yang menjadi perhatian baik tingkat daerah maupun nasional yang saat ini kondisinya sangat memperihatinkan, kerusakan tersebut disebabkan oleh penebangan liar, alih fungsi lahan dari kawasan lindung ke pemukiman dan pertanian dengan pengolahan lahan tidak sesuai dengan kaidah konservasi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: ekonomi, sosial, ekologi, dan kebutuhan lahan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini berdasarkan uraian di atas yaitu untuk mengetahui sistem tenurial dan kualitas lahan yang di olah sebagai lahan pertanian pada lahan tenurial, serta dampak pengunaan lahan terhadap kualitas lahan yang ada di lokasi penelitian. Lokasi penelitian dilakukan di desa Sumber Brantas Kota Batu yang terkait dengan lahan tenurial. Waktu penelitian selama 2 (bulan) bulan mulai Oktober sampai November 2015. Penelitian bersifat eksploratif, pengumpulan data dilakukan dengan mengkombinasikan metode telaahan dokumentasi (documentation study) dari berbagai sumber data sekunder dan metode langsung (direct methods) yaitu pengumpulan data primer di lapangan dengan teknik wawancara (dengan dan tanpa kuesioner) dan observasi lapangan, Sedangkan untuk kualitas lahan dilakukan pengambilan berupa contoh tanah pada setiap lahan tenurial. Untuk menganalisis sistem tenurial di antara para pihak yang berhubungan dengan hak kepemilikan lahan dilakukan menggunakan metode analisis historis, sedangkan untuk analisis tanah, menunggu hasil uji laboratorium. Sistem tenurial yang terjadi di sekitar kawasan Tahura R. Soerjo yaitu berupa sewa-menyewa lahan, luasan kawasan Tahura R. Soerjo yang dialih fungsikan sebagai lahan pertanian yaitu 2,6 Ha, sejak tahun 2003 yang dilakukan pembukaan hutan secara besar-besaran. Kualitas lahan dilihat dari unsur hara NPK, dari ketiga contoh yang diambil, nilai paling tinggi yaitu pada lahan lahan yang baik, sedangkan yang terendah pada lahan pertanian milik masyarakat. Tingkat laju erosi sebesar 2,2 ton/Ha/tahun, sehingga dikategorikan sebagai erosi berat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Forestry (54251)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 17 Oct 2016 10:25
Last Modified: 17 Oct 2016 10:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33728

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo