UMM Institutional Repository

METODE MEMBACA TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN ASMOROBANGUN 03 PUNCU KABUPATEN KEDIRI

WULAN, DENOK MEI KARTIKO (2016) METODE MEMBACA TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN ASMOROBANGUN 03 PUNCU KABUPATEN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-denokmeika-45192-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-denokmeika-45192-2-babi.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Keyword : Keterampilan Membaca Puisi, Metode Membaca Terbimbing Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca puisi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN Asmorobangun 03 Puncu Kabupaten Kediri. Hasil wawancara dengan guru kelas diketahui bahwa siswa dalam membaca puisi masih kurang dan hanya sekedar membaca. Kekurangan yang dimaksudkan adalah sulitnya siswa untuk memahami puisi yang akan dibacakan serta teknik-teknik dalam membaca puisi. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang masih menerapkan metode ceramah. Selain itu guru tidak memberikan contoh bagaimana cara membaca puisi sesuai dengan teknik dari membaca puisi. Saat guru menjelaskan sebagian besar siswa ramai dan tidak memperhatikan, akibatnya banyak siswa yang tidak paham terhadap materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi dengan menggunakan metode membaca terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III dengan jumlah 39 siswa SDN Asmorobangun 03 Puncu Kabupaten Kediri semester genap tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik tes (unjuk kerja). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, lembar wawancara, lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode membaca terbimbing dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil unjuk kerja diketahui bahwa pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 21,05%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 81,57%. Peningkatan hasil dalam penelitian ini sangat signifikan, hal ini dikarenakan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya yaitu penggunaan metode yang digunakan oleh guru sudah tepat. Persentase ini melebihi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 80% dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode membaca terbimbing dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi di kelas III SDN Asmorobangun 03 Puncu Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 17 Oct 2016 09:19
Last Modified: 17 Oct 2016 09:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33711

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo