UMM Institutional Repository

TINJAUAN ATAS PROSEDUR PENGEMBALIAN KELEBIHAN PEMBAYARAN (RESTITUSI) PAJAK PERTAMBAHAN NILAI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK MADYA MALANG

AUTHOR, NAILUL (2016) TINJAUAN ATAS PROSEDUR PENGEMBALIAN KELEBIHAN PEMBAYARAN (RESTITUSI) PAJAK PERTAMBAHAN NILAI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK MADYA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nailulauth-44963-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nailulauth-44963-2-babi.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tinjauan atas Prosedur Pengembalian Kelebihan Pembayaran (Restitusi) Pajak Pertambahan Nilai pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang, serta kendala dan upaya untuk mengatasi masalah dalam Proses Pengembalian Kelebihan Pembayaran Pajak Pertambahan Nilai Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang. Alat analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa restitusi pajak merupakan pengembalian kelebihan pembayaran pajak atas jumlah pajak yang dibayarkan oleh wajib pajak atau pengusaha kena pajak lebih besar jumlahnya daripada pajak keluaran yang dipungut. Proses restitusi pajak pertambahan nilai yang dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang ada dua macam yaitu: 1) melalui proses penelitian yang digunakan untuk melayani wajib pajak kriteria tertentu dengan diberikan pendahuluan dalam jangka waktu satu bulan setelah berkas permohonan diterima lengkap; 2) proses pemeriksaan yang digunakan untuk melayani wajib pajak biasa yang mengajukan proses restitusi dengan jangka waktu dua belas bulan setelah berkas diterima lengkap. Kendala yang dihadapi Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang saat proses restitusi disebabkan oleh: 1) permintaan konfirmasi yang dikirim dari Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang belum mendapatkan jawaban; 2) kurang lengkapnya dokumen pengajuan sehingga memperlambat proses pengajuan. Upaya yang dilakukan adalah: 1) terus melakukan konfirmasi kepada wajib pajak; 2) melakukan pendampingan dalam bentuk sosialisasi kepada wajib pajak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Oct 2016 05:10
Last Modified: 17 Oct 2016 05:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33684

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo