UMM Institutional Repository

ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PEMBELIAN MESIN KRUPUK PADA USAHA KECIL MENENGAH SEDULUR JAYA DI KOTA SIDOARJO

Khoridah, (2016) ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PEMBELIAN MESIN KRUPUK PADA USAHA KECIL MENENGAH SEDULUR JAYA DI KOTA SIDOARJO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khoridah-44463-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khoridah-44463-2-babi.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kelayakan Investasi Pembelian Mesin Dan Usaha Kecil Menengah Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah investasi pembelian mesin krupuk pada UKMSedulur Jaya layak dilakukan. Kegunaan penelitian khususnya bagi perusahaan yaitu membantu perusahaan untuk memberikan gambaran rencana investasi sebagai pertimbangan agar perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam melakukan investasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan yaitu sebagai berikut: Hasil estimasi penjualan dan biaya yang dilakukan menunjukkan bahwa UKM “Sedulur Jaya” menunjukkan bahwa adanya peningkatan atas pencapaian laba perusahaan, dari hasil analisis pemasaran menunjukkan bahwa perusahaan layak untuk meningkatkan aktivitas operasional perusahaan dengan menambah jumlah mesin baru untuk memenuhi kebutuhan pasar. Hasil perhitungan atas dana investasi yang ditanamkan akan dapat tertutup kembali dalam jangka waktu 5,49 tahun. Dimana waktu ini lebih panjang dibandingkan dengan umur ekonomis investasi yang direncanakan yaitu 5 tahun, maka usulan investasi aktiva tetap ( mesin) tidak diterima atau tidak layak. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa nilai NPV kurang dari nol, dan diketahui total present value adalah 164.356.320,4 dikurangi total investasi sebesar 323.750.000 sehingga diperoleh hasil negatif sebesar -159393679,6 dan usulan investasi aktiva tetap tidak layak untuk diterima atau tidak bisa dilaksanakan. Apabila ditinjau dari tingkat IRR (6,31%) lebih kecil dari tingkat Cosf of Capital (15,2%) maka tidak di terima. Tingkat keuntungan rata-rata yang diperoleh dari suatu investasi angka yang dipergunakan adalah laba setelah pajak dibandingkan dengan total atau average investment diperoleh hasil sebesar 13,60%. Hasil análisis Profitability index (PI) dapat disimpulkan bahwa usulan investasi tersebut tidak layak, hal ini dikarenakan prifitability index yang dihasilkan lebih kecil dari (PI<1).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 14 Oct 2016 08:32
Last Modified: 14 Oct 2016 08:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33618

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo