UMM Institutional Repository

PENERAPAN ECONOMIC VALUE ADDED PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Veronica, Lia (2016) PENERAPAN ECONOMIC VALUE ADDED PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-liaveronic-44481-1-pendahul-n.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-liaveronic-44481-2-babi.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Keyword : Economic Value Added, Time Series, NOPAT, Biaya Modal Penelitian ini dilakukan pada tahun 2015 dengan judul “Penerapan Economic Value Added Pada Perusahaan Farmasi yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perusahaan farmasi yang memberikan nilai tambah ekonomis kepada para investor dan untuk mengetahui perusahaan farmasi yang mampu memberikan nilai tambah ekonomis yang paling besar, yang diukur menggunakan analisis Economic Value Added (EVA) dan analisis time series. Economic Value Added (EVA) berfungsi untuk mengukur nilai tambah ekonomis suatu perusahaan berdasarkan laba operasi bersih setelah pajak (NOPAT) dikurangi semua biaya modal yang dikeluarkan oleh perusahaan. Para ahli ekonomi yang sependapat dengan pendekatan Economic Value Added (EVA) mengklaim bahwa Economic Value Added (EVA) dapat membantu menyesuaikan kepentingan para manajer dan investor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Economic Value Added (EVA) yang dihasilkan oleh perusahaan farmasi sangat bervariasi. Tidak setiap tahun perusahaan farmasi dapat menghasilkan EVA yang positif, PT. Kimia Farma, Tbk selama tahun penelitian tidak mampu menghasilkan EVA yang positif, karena EVA< 0 hal ini karena besarnya biaya modal yang ditanggung perusahaan dan tidak sebanding dengan laba operasi bersih setelah pajak yang diperoleh perusahaan. Perusahaan farmasi yang mampu memberikan EVA paling besar adalah PT. Kalbe, Tbk dimana pada tahun 2013 EVA yang diperoleh perusahan mencapai 76.644.738.168.026.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 14 Oct 2016 07:51
Last Modified: 14 Oct 2016 07:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33604

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo