UMM Institutional Repository

PERANCANGAN SISTEM PENCATATAN BATAS KECEPATAN DENGAN RFID SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DATA SECARA REAL TIME

Wicaksono, Dian Ari (2016) PERANCANGAN SISTEM PENCATATAN BATAS KECEPATAN DENGAN RFID SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DATA SECARA REAL TIME. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianariwic-44805-1-pendahul-n.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianariwic-44805-2-babi.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini jumlah kendaraan dijalan raya semakin banyak. Sehingga angka kecelakaan juga akan semakin meningkat. Banyak faktor yang mendasari terjadinya kecelakaan. Salah satunya pengemudi tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, terutama pelanggaran batas kecepatan dalam berkendara. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengawasan dari petugas-petugas lalu lintas yang mengawasi dan memberikan sanksi tegas dijalan raya. Perlu diketahui juga, jika pemberian sanksi kepada pelanggar secara langsung, maka akan menggangu pelanggar itu sendiri dan pengguna jalan lainnya. Untuk itu perancangan sistem ini akan mengutamakan kemudahan dalam sistem pencatatan dan pemberian sanksi kepada pelanggar tetapi tidak menggangu arus lalu lintas yang ada. Perancangan sistem ini yang pertama adalah bagaimana mengukur jarak pantul dari sensor infra merah kurang dari batas maksimal pemantulan yang disebabkan oleh objek yang melewatinya. Sensor akan mulai menghitung waktu dan waktu akan berhenti saat sensor kedua mendapatkan pantulan yang lebih pendek. Besar nilai kecepatan yang didapat adalah hasil bagi antara jarak kedua sensor dengan waktu pantul antara dua sensor. Besarnya nilai kecepatan yang melewati batas, RFID (Radio Frequency Identification) akan merekam nomor tag objek tersebut dan akan mengirimnya ke database pada web server beserta data-data pelanggaran lalu menampilkan data-data tersebut pada sebuah website.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering (20201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Oct 2016 03:58
Last Modified: 14 Oct 2016 03:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33591

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo