UMM Institutional Repository

PERTIMBANGAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA PADA TOKO ONLINE DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Rahastuti, Avinda Budi (2016) PERTIMBANGAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA PADA TOKO ONLINE DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-avindabudi-44545-1-pendahul-n.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-avindabudi-44545-1-pendahul-n.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

Keyword : Motivasi, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian Penelitian ini didasari oleh fenomena bisnis jual-beli secara online, salah satunya melalui media sosial instagram. Bisnis online melalui instagram marak dijumpai, selain sistem yang terbangun dengan baik, karena didukung teknologi yang canggih membuat belanja online menggunakan e-commerce semakin dicari pebisnis. Penggunaan instagram sebagai sarana berjualan dan periklanan digital dikenal cepat dan mudah untuk meraih calon konsumen potensial karena setiap bulannya instagram mempunyai 150 juta pengguna aktif. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti tentang “Pertimbangan Konsumen Untuk Berbelanja Pada Toko Online Di Media Sosial Instagram”. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis faktor guna mengetahui faktor yang menjadi pertimbangan konsumen untuk berbelanja pada toko online di media sosial instagram.Teknik pengumpulan data dengan menyebar kuesioner. Pembahasannya dianalisis melalui hasil kuesioner serta menggunakan interpretasi dan penamaan faktor. Populasi dalam penelitian ini yaitu150 responden yang pernah melakukan belanja online di media sosial instagram.Teknik pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling dan judgemental sampling. Penelitian ini menggunakan teori motivasi menurut Freud, Maslow dan Hersberg. Selain itu, menggunakan definisi perilaku konsumen menurut Sumarwan (2014), Kotler dan Keller (2009), Schiffman dan Kanuk (2008), Kotler dan Armstrong (2008), Simamora (2004) dan Fandy Tjiptono (2008). Berdasarkan hasil analisis faktor yang telah dilakukan, ditemukan tujuh faktor dominan yang menjadi pertibangan konsumen untuk berbelanja pada toko online di media sosial instagram. Faktor tersebut diantaranya faktor promosi, produk, komunikasi, distribusi, testimonial, situasional dan psikologis. Faktor yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam melakukan belanja online di media sosial instagram adalah faktor promosi dengan nilai eingenvalue 7.401 dan persentase of variance sebesar 28.467%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:07
Last Modified: 13 Oct 2016 12:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33554

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo