UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI MENGUNAKAN METODE LSB "LEAST SIGNIFICANT BIT" (STUDI KASUS UNTUK GAMBAR)

Wahyudi, (2016) IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI MENGUNAKAN METODE LSB "LEAST SIGNIFICANT BIT" (STUDI KASUS UNTUK GAMBAR). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyudi201-43103-1-pendahul-n.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyudi201-43103-2-bab1.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Di seluruh dunia, internet (interconnection network) sudah berkembang menjadi salah satu media komunikasi data yang sangat populer. Dengan berbagai teknik pengambilan informasi secara ilegal yang berkembang, banyak orang yang mencoba untuk mengakses informasi yang bukan haknya. Berbagai macam teknik untuk melindungi informasi yang dirahasiakan dari orang yang tidak berhak telah banyak dilakukan dalam upaya mengamankan suatu data penting.Steganografi adalah salah satu teknik menyembunyikan file pesan agar bagi orang awam tidak menyadari keberadaan dari file pesan yang disembunyikan. Teknik ini sering digunakan untuk menghindari kecurigaan orang dan menghindari keinginan orang untuk mengetahui isi file pesan tersebut. Citra Digital adalah salah satu media yang paling umum dikenal oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan implementasi steganografi menggunakan metode LSB studi kasus untuk Gambar, sebagai salah satu teknik pengamanan file pesan. Pada teknik steganografi ini digunakan metode LSB (Least Significan Bit) yaitu menyembunyikan byte-byte data atau informasi pada bit terakhir pada citra digital, sehingga tidak tejadi perubahan ukuran dan bentuk terhadap citra digital secara kasat mata, data atau informasi pun dapat dikembalikan seperti semula tanpa ada perubahan ukuran dan bentuknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Oct 2016 06:38
Last Modified: 08 Feb 2018 02:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33495

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo