UMM Institutional Repository

EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DI KABUPATEN LAMONGAN (STUDI KASUS RUAS JALAN PANGLIMA SUDIRMAN)

Oetomo, Husna Subarkah Prasettyo (2016) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DI KABUPATEN LAMONGAN (STUDI KASUS RUAS JALAN PANGLIMA SUDIRMAN). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-husnasubar-43502-1-pendahul-n.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-husnasubar-43502-2-babi.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Ruas jalan Panglima Sudirman merupakan jalan arteri yang terletak di utara pusat kota. Sebagai jalan penghubung antar ibu kota provinsi dan antar kota dalam provinsi, ruas jalan Panglima Sudirman memiliki tingkat mobilitas yang cukup tinggi. Tata guna lahan dan banyaknya jumlah akses pada ruas jalan Panglima Sudirman juga mempengaruhi kinerja dari ruas jalan tersebut. Studi penelitian evaluasi menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI-97). Pengambilan data lapangan dilakukan selama tujuh hari dalam satu minggu tidak pada waktu kusus, periode waktu survey selama 12 jam pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Pengolahan data digunakan untuk mengetahui kelas hambatan samping, kecepatan arus, kapasitas jalan, derajat kejenuhan, kecepatan sesungguhnya, dan kerapatan. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, hasil yang didapatkan untuk kinerja ruas jalan Panglima Sudirman pada kondisi saat ini diketahui nilai kelas hambatan samping sebesar 245,8 bobot/jam (kategori L), kecepatan arus bebas untuk masing-masing jalur adalah 49,98 km/jam, kapasitas jalan masing-masing jalur adalah 2807,25 smp/jam, derajad kejenuhan untuk arus lalu lintas arah barat adalah 0,68 (tingkat pelayanan B) dan arus lalu lintas arah timur adalah 0,63 (tingkat pelayanan B). kecepatan sesungguhnya masing-masing jalur adalah 38,2 km/jam untuk arah barat dengan waktu tempuh selama 0,034 jam atau 122,4 detik dan arah timur adalah 39,2 km/jam dengan waktu tempuh selama 0,033 jam atau 118,8 detik. Nilai kerapatan berdasarkan volume arus dibagi kecepatan untuk arah barat adalah 115,2 kend/jam dan arah timur adalah 96,5 kend/jam. Untuk kondisi eksisting 5 tahun kedepan didapat nilai kapasitas jalan yaitu 2718,6 smp/jam di masing-masing jalur, dengan DS arah barat 0,86 (tingkat pelayanan D) dan DS arah timur 0,79 (tingkat pelayan C).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (22201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Oct 2016 03:04
Last Modified: 13 Oct 2016 03:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33478

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo