UMM Institutional Repository

EVALUASI GEOMETRIK JALAN BERKAITAN DENGAN TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS PADA JALAN RAYA SURABAYA - BLITAR KM. 114 - KM. 121

SETIAWAN, HIJROH AGA (2016) EVALUASI GEOMETRIK JALAN BERKAITAN DENGAN TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS PADA JALAN RAYA SURABAYA - BLITAR KM. 114 - KM. 121. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hijrohagas-43622-1-pendahul-n.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hijrohagas-43622-2-babi.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Jalan raya kecamatan Sumberpucung kabupaten Malang, dilihat dari potensi daerahnya merupakan salah satu daerah yang sedang berkembang. Sumberpucung merupakan kecamatan yang berdekatan dengan tempat wisata bendungan karang kates dan waduk lahor, serta jalan penghubung antara kabupaten Malang dengan kabupaten Blitar. Namun demikian pada jalan raya tersebut, khususnya yang akan menjadi lokasi penelitian memiliki berbagai kejadian kecelakaan. Didapat data mengenai kecelakaan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Jawa Timur Resort Malang dengan jumlah tahun 2012 sebanyak 53 kejadian, tahun 2013 sebanyak 50 kejadian, dan tahun 2014 sebanyak 57 kejadian kecelakaan, sehingga jika dirata-rata kecelakaan lalu lintas terjadi satu sampai dua kali setiap minggunya. Namun evaluasi kecelakaan dilakukan pada tahun 2014 dikarenakan jumlah kejadian dan korban terbanyak, dengan korban kecelakaan Meninggal Dunia (MD) sejumlah 22 korban, Luka Berat (LR) sejumlah 11 korban, dan Luka Ringan(LR) sejumlah 82 korban. Dalam penelitian ini yang akan dilakukan evaluasi ialah pada jalan sekitar tikungan antara KM. 115-116-117 dan KM. 119-120-121. Metode yang digunakan pada studi ini bersumber dari Derektorat Jendral Bina Marga tahun 1997 tentang perencanaan jalan raya. Dari hasil studi evaluasi kinerja ruas jalan raya kecamatan Sumberpucung pada Km.115 - Km.117 diketahui kecepatan sesaat (spot speed) rata-rata arus lalu lintas kedua arah 52,47 Km/jam, kecepatan berjalan (running speed) rata-rata arus lalu lintas kedua arah 50,69 Km/jam, kecepatan tempuh (journey speed) rata-rata arus lalu lintas kedua arah 52,66 Km/jam, serta dengan Derajat Kejenuhan (DS) sebesar 0,69. Sedangkan pada Km.119 - km.121 diketahui kecepatan sesaat (spot speed) rata-rata arus lalu lintas kedua arah 48,62 Km/jam, kecepatan berjalan (running speed) rata-rata arus lalu lintas kedua arah 45,97 Km/jam, kecepatan tempuh (journey speed) rata-rata arus lalu lintas kedua arah 50,19 Km/jam, serta dengan Derajat Kejenuhan (DS) sebesar 0,79. Dari studi evaluasi geometrik jalan terdapat beberapa perbedaan pada alinyemen horisontal dalam penentuan Rc, e, Ls, sehingga berpengaruh pada hitungan berikutnya. Sedangkan pada alinyemen vertikal Lv, Ev, serta elevasi dan station, jika dibandingkan dari data yang didapat di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V terdapat perbedaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (22201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Oct 2016 02:54
Last Modified: 07 Feb 2018 07:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33476

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo