UMM Institutional Repository

STRATEGI TUTURAN DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MALANG

RIWAYATI, ISNENI (2016) STRATEGI TUTURAN DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-isneniriwa-44164-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-isneniriwa-44254-2-babi.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Keyword : Strategi tuturan, Tindak tutur direktif, Pembelajaran bahasa Indonesia, Speech strategy, speech acts directive, learning Indonesian Strategi tuturan merupakan cara bertutur agar menghasilkan suatu tuturan yang menarik dan dapat dimengerti oleh lawan tutur. Tindak tutur direktif adalah jenis tindak tutur yang digunakan oleh penutur untuk menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tuturan yang disebutkan. Strategi tuturan direktif dalam pembelajaran digunakan saat guru menghendaki siswa untuk melakukan sesuatu sesuai dengan maksud tuturan yang dituturkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan strategi tuturan direktif guru pada kegiatan awal dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Malang, (2) mendeskripsikan strategi tuturan direktif guru pada kegiatan inti dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Malang, dan (3) mendeskripsikan strategi tuturan direktif guru pada kegiatan akhir dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kata, frase, dan kalimat yang merupakan tuturan direktif yang dituturkan oleh guru. Sumber data pada penelitian ini adalah tuturan guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dengan teknik simak, dan rekam. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi data. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat digambarkan pada kegiatan awal strategi tuturan guru menggunakan strategi langsung. Strategi direktif langsung pada kegiatan awal dibagi menjadi dua yaitu strategi tuturan direktif langsung menggunakan kalimat perintah dan kalimat tanya. Kalimat perintah digunakan guru saat memberikan perintah kepada peserta didik untuk berdoa, sedangkan kalimat tanya digunakan untuk mengecek kehadiran siswa. Pada kegiatan inti guru menggunakan strategi tuturan direktif langsung, dan tidak langsung. Penggunaan strategi direktif langsung dalam kegiatan inti dibagi menjadi dua yaitu menggunakan kalimat perintah dan tanya. Strategi tuturan direktif guru secara tidak langsung berupa kalimat informasi dan kalimat tanya retoris. Strategi tuturan direktif guru menggunakan kalimat tanya retoris digunakan guru pada saat guru memberikan perintah agar peserta didik cepat menyelesaikan tugasnya. Strategi tuturan direktif pada kegiatan akhir menggunakan strategi tuturan direktif secara langsung berupa kalimat tanya dan kalimat perintah. Strategi tuturan direktif guru secara langsung menggunakan kalimat tanya digunakan guru untuk bertanya mengenai kesimpulan pembelajaran mengenai teks biografi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 Oct 2016 09:08
Last Modified: 12 Oct 2016 09:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33455

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo