UMM Institutional Repository

KOHERENSI WACANA PADA BUKU BAHASA INDONESIA WAHANA PENGETAHUAN SMP/MTs KELAS VII TAHUN 2014

FADRIANAH, ANA (2016) KOHERENSI WACANA PADA BUKU BAHASA INDONESIA WAHANA PENGETAHUAN SMP/MTs KELAS VII TAHUN 2014. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anafadrian-44251-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anafadrian-44251-2-babi.pdf

Download (727kB) | Preview

Abstract

Keyword : koherensi wacana, buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan, dan deskriptif kualitatif, discourse coherence, the book of Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan, and descriptive qualitative Koherensi wacana merupakan kepaduan hubungan maknawi antar bagian-bagian dalam wacana. Buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan merupakan buku pegangan wajib peserta didik ketika proses pembelajaran di kelas. Penggunaan penanda koherensi pada buku tujuannya ialah agar terciptanya susunan dan struktur wacana yang memiliki sifat serasi, runtut, dan logis. Oleh karena itu, peserta didik akan lebih mudah dalam memahami maksud dan makna suatu wacana pada buku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan jenis hubungan koherensi wacana pada buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs kelas VII tahun 2014, dan (2) mendeskripsikan penggunaan unsur penanda koherensi wacana pada buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs kelas VII tahun 2014. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data berupa kata, frasa, kalimat maupun paragraf yang termasuk koherensi wacana. Sumber data penelitian ini adalah buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs kelas VII tahun 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yakni (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa dalam buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs kelas VII tahun 2014, ditemukan beragam jenis hubungan koherensi wacana, yaitu (1) jenis hubungan sebab-akibat menggunakan unsur penanda koherensi berupa repetisi, pronomina, sinonim, dan lokasi-tempat, (2) perbandingan menggunakan unsur penanda koherensi berupa repetisi dan pronomina, (3) parasfrastis menggunakan repetisi, (4) amplikatif menggunakan pronomina dan repetisi, (5) aditif menggunakan repetisi, pronomina dan sinonim, (6) sarana-hasil menggunakan repetisi, pronomina, dan lokasi-tempat, (7) latar-kesimpulan menggunakan repetisi, pronomina, sinonim, dan lokasi-tempat, (8) sarana-tujuan menggunakan repetisi, (9) kelonggaran-hasil menggunakan repetisi, pronomina, dan sinonim, (10) syarat-hasil menggunakan repetisi dan pronomina, (11) identifikasi menggunakan repetisi dan pronomina, (12) generik-spesifik menggunakan repetisi dan pronomina, (13) ibarat menggunakan unsur penanda koherensi berupa repetisi dan pronomina.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 Oct 2016 09:04
Last Modified: 12 Oct 2016 09:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33454

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo