UMM Institutional Repository

Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

SETIAWAN, RIZAL (2016) Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizalsetia-44333-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizalsetia-44333-2-babi.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Keyword : tipologi, rasional, emosional, psikologi sastra ABSTRAK Rasional dan emosional merupakan dua tingkah laku yang dimiliki oleh setiap manusia. Dua tingkah laku tersebut dapat digambarkan oleh Sutan Takdir Alisjahbana pada tokoh Tuti dan Maria dalam novel Layar Terkembang. Tuti cenderung lebih rasional dan Maria lebih emosional. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi permasalahan pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana tokoh perempuan berpikir rasional dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisjahbana, (2) Bagaimana pengungkapan emosi tokoh perempuan dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisjahbana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan psikologi sastra tekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan secara tepat sifat-sifat sesuatu yang dikaji. Data pada penelitian ini berupa kata, frasa, atau kalimat yang menggambarkan tingkah laku rasional dan emosional. Sumber data penelitian ini berupa novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisjahbana yang diterbitkan oleh Balai Pustaka. Data yang sudah ditemukan kemudian dikembangkan dengan melalui beberapa langkah-langkan analisis data. Dalam menyusun penelitian ini terdapat tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisjahbana, terdapat dua tokoh perempuan yang mampu menunjukkan tingkah laku rasional dan emosional. Sikap rasional ditunjukkan melalui tiga tahap proses berpikir rasional. Ditemukan tujuh data pembentukan pengertian, lima data pembentukan pendapat, dan empat data pembentukan kesimpulan. Tindakan emosional terlihat pada tingkah laku keseharian tokoh. Didapat dua data yang menunjukkan emosi takut, tiga data menunjukkan emosi marah, enam data menunjukkan emosi cinta, satu data yang menunjukkan emosi cemburu, dan lima data yang menunjukkan emosi gembira. Oleh karena itu, pada novel Layar Terkembang terdapat dua tokoh perempuan yang mampu menunjukkan tingkah laku rasional dan emosional. Tokoh yang lebih cenderung rasional ditunjukkan oleh tokoh Tuti, sedangkan tokoh yang cenderung digambarkan emosional yaitu tokoh Maria pada tingkah laku sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 Oct 2016 08:49
Last Modified: 12 Oct 2016 08:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33449

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo