UMM Institutional Repository

Analisis Tuturan Guru dalam Struktur Pertukaran Percakapan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Neger

ARISANDI, YONI (2016) Analisis Tuturan Guru dalam Struktur Pertukaran Percakapan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Neger. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yoniarisan-44335-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yoniarisan-44335-2-babi.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Keyword : Tuturan guru, Struktur Pertukaran Percakapan ABSTRAK Tuturan dalam kegiatan pembelajaran merupakan realitas komunikasi yang berlangsung dalam interaksi guru dan siswa di kelas. Guru selalu menggunakan tuturan untuk memperlancar proses interaksi mulai dari tahap pembuka, inti, dan penutup. Ketiga tahap tersebut terbentuk dari rangkaian alih tutur yang dimulai oleh guru sebagai pembuka, jawaban dari siswa, dan tindak lanjut dari guru yang biasanya disebut dengan gerak pada struktur pertukaran percakapan. Gerak-gerak itu terdapat tindak yang dibatasi oleh fungsi ujaran seperti pertanyaan, perintah, memberi keterangan dan sebagainya. Untuk itu penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan wujud struktur pertukaran percakapan pembukaan guru, (2) mendeskripsikan wujud struktur pertukaran percakapan penjawaban, dan (3) mendeskripsikan wujud struktur pertukaran pelanjutan guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yakni guru dan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang sebagai responden penelitian. Adapun data penelitian ini berupa data verbal tuturan guru pada pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi,teknik dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data penelitian dengan cara pengelompokan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) wujud tuturan pembuka guru banyak ditemukan pada proses pembelajaran di kelas, meliputi pertanyaan sungguhan, pertanyaan pura-pura, permintaan keras secara langsung, permintaan lunak tak langsung, informatif, metastatement, dan ekspresif. (2) Wujud tuturan jawaban guru banyak ditemukan pada proses pembelajaran di kelas, meliputi menjawab, timbal tindak, ucapan terima kasih, pengulangan, dan pemicu ulang. (3) Wujud tuturan tindak lanjut guru juga banyak ditemukan pada proses pembelajaran di kelas, meliputi penerimaan, penghargaan, komentar, pembetulan, pengulangan, dan parafrase.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 Oct 2016 08:45
Last Modified: 12 Oct 2016 08:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33448

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo