UMM Institutional Repository

Analisis Pemakaian Prinsip Kesopanan pada Tuturan Guru dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang

Apriyanti, Ernik (2016) Analisis Pemakaian Prinsip Kesopanan pada Tuturan Guru dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-apriyantie-44337-1-pendahul-.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-apriyantie-44337-2-babi.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Keyword : Prinsip Kesopanan, Tuturan Guru, Pembelajaran Bahasa Indonesia ABSTRAK Prinsip kesopanan harus diterapkan di dalam kelas ataupun di luar kelas. Dalam proses pembelajaran diperlukan juga perilaku sopan santun. Prinsip kesopanan harus menjaga keseimbangan keramahan hubungan karena hanya dengan hubungan-hubungan yang demikian dapat diharapkan bahwa peserta didik akan kooperatif selama proses pembelajaran. Sehubungan dengan itu, diharapkan guru memperhatikan prinsip kesopanan ketika pembelajaran. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pemakaian prinsip kesopanan guru pada kegiatan mengorientasi masalah, kegiatan mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, kegiatan membimbing penyelidikan individu atau kelompok, kegiatan mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan kegiatan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecah masalah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk menggambarkan secara faktual dan aktual tentang fakta-fakta serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, peneliti membuat suatu gambaran kompleks dan meneliti kata-kata. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata dan tindakan dari tuturan antara guru dengan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan rekam. Adapun teknik yang digunakan dalam rangka melaksanakan penelitian adalah teknik simak, teknik rekam, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip kesopanan guru pada kegiatan mengorientasi masalah ditemukan maksim kebijaksanaan dan maksim kecocokan, pada kegiatan mengorganisasikan peserta didik untuk belajar ditemukan maksim kebijaksanaan, pada kegiatan membimbing penyelidikan individu atau kelompok ditemukan maksim kebijaksanaan, maksim kecocokan, maksim penerimaan, maksim kemurahan dan maksim kerendahan hati, pada kegiatan mengembangkan dan menyajikan hasil karya ditemukan maksim kebijaksanaan dan maksim kesimpatian, pada kegiatan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecah masalah ditemukan maksim kebijaksanaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 Oct 2016 08:27
Last Modified: 12 Oct 2016 08:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33442

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo