UMM Institutional Repository

ANALISIS PERBANDINGAN SIKAP TOKOH UTAMA PEREMPUAN DAN TOKOH UTAMA LAKI-LAKI DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN HIDUP PADA NOVEL BINTANG ANAK TUHAN DAN SEBENING AIR MATA KAYLA

Kusumasari, Aprilya (2016) ANALISIS PERBANDINGAN SIKAP TOKOH UTAMA PEREMPUAN DAN TOKOH UTAMA LAKI-LAKI DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN HIDUP PADA NOVEL BINTANG ANAK TUHAN DAN SEBENING AIR MATA KAYLA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aprilyakus-44859-1-pendahul-n.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aprilyakus-44859-2-babi.pdf

Download (570kB) | Preview

Abstract

Keyword : Novel, Psikologi, Kepribadian, Tokoh Utama ABSTRAK Penelitian ini merupakan hasil telaah deskriptif tentang Psikologi Kepribadian Tokoh Utama dalam novel Analisis perbandingan sikap tokoh utama perempuan dan tokoh utama laki-laki dalam menghadapi permasalahan hidup pada novel Bintang Anak Tuhan dan Sebening Air Mata Kayla dari sudut pandang teori Goldon Allport. Keunikan dari penelitian ini adalah tokoh utama dalam novel ini memiliki kepribadian yang menarik yaitu sifat, kebiasaan, sikap. Penggunaan teori Goldon Allport karena mengungkapkan sikap-sikap tokoh utama. Dari tingkahlaku tokoh utama dapat diketahui sifat, kebiasaan, sikap yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Adapun permasalahan yang ingin diteliti adalah (1) Bagaimana sifat (trait) tokoh utama dalam novel Bintang Anak Tuhan karya Kirana Kejora dan Sebening Air Mata Kayla karya Taufiqurrahman Al-Azizy, (2) Bagaiman kebiasaan (habit) tokoh utama dalam novel Bintang Anak Tuhan karya Kirana Kejora dan Sebening Air Mata Kayla karya Taufiqurrahman Al-Azizy, (3) Bagaimana sikap (attitude) tokoh utama dalam novel Bintang Anak Tuhan karya Kirana Kejora dan Sebening Air Mata Kayla karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu peneliti berusaha menguraikan atau mendeskripsikan objek yang diteliti dengan menggambarkan kepribadian sikap tokoh utama dalam novel Bintang Anak Tuhan karya Kirana Kejora dan Sebening Air Mata Kayla karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Teknik pengolahan data meliputi berberapa kegiatan, yaitu: membaca novel Bintang Anak Tuhan karya Kirana Kejora dan Sebening Air Mata Kayla karya Taufiqurrahman Al-Azizy untuk memahami jalan cerita dan maksud pengarang dalam cerita, mencari dan mengelompokkan data, memberi kode pada data, dan di masukan dalam tabel instrument data. Adapun analisis data menggunakan metode pendekatan tekstual untuk menganalisis kepribadian tokoh utama pada novel Bintang Anak Tuhan karya Kirana Kejora dan Sebening Air Mata Kayla karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepribadian tokoh utama dalam novel Bintang Anak Tuhan karya Kirana Kejora dan Sebening Air Mata Kayla karya Taufiqurrahman Al-Azizy meliputi: (1) sifat tokoh utama Hanum dan Mansur meliputi emosional, intelektual, dan semangat; (2) kebiasaan tokoh utama Hanum dan Mansur meliputi kesehatan, spiritual, dan individu (pribadi); (3) sikap tokoh utama Hanum dan Mansur meliputi rasa memiliki, harga diri, dan berdiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User