UMM Institutional Repository

Gaya Bahasa Lirik Lagu Dewa Dalam Album Bintang Lima

Hidayat, Nurul (2016) Gaya Bahasa Lirik Lagu Dewa Dalam Album Bintang Lima. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhiday-43524-1-pendahul-x.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhiday-43524-2-3.bab1.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Keyword : Gaya Bahasa dan Lirik Abstrak Peneliti memilih lirik lagu Dewa dalam album ”Bintang Lima” karena di dalam lirik lagu Dewa dalam album ”Bintang Lima” sebagian besar mempunyai ciri khas dan kaya dengan penggunaan gaya bahasa yang unik sehingga memperoleh atensi yang luar biasa dari penikmat musik di Indonesia. Selain itu, meskipun lirik dan aransemen musiknya terdengar cukup rumit, faktanya hampir semua lagu di album ini berhasil menjadi hits, hal tersebut kemudian dibuktikan dengan terjualnya album ini yang mampu mencapai angka 1,7 juta keping, sekaligus menjadi album terlaris dalam perjalanan karir band Dewa. Sebagai catatan, dalam tiga bulan pertama sejak diluncurkan, album ini sudah laku terjual lebih dari 700 ribu keping (Alunx, 2009). Kesuksesan album ini juga menguatkan posisi Dewa sebagai salah satu band paling berpengaruh di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk memperoleh deskripsi tentang (1) Mendeskripsikan bentuk gaya bahasa dalam lirik lagu Dewa pada album ”Bintang Lima” (2) Mendeskripsikan fungsi gaya bahasa dalam lirik lagu Dewa pada album ”Bintang Lima”. Dilihat dari fokus penelitian dan cara mendapatkan data penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif. Dimana data-data yang telah terkumpul tidak hanya dideskripsikan, tetapi juga diinterpretasikan. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yakni bertujuan untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Rancangan kualitatif ini menggunakan data tertulis gaya bahasa dalam lirik lagu Dewa pada album ”Bintang Lima”. Dari 9 lirik lagu dewa dalam album “Bintang Lima” peneliti menemmukan bahwa: (1) Bentuk Gaya bahasa yang mendominasi adalah gaya bahasa perulangan, hal ini diketahui dari banyaknya lirik lagu Dewa yang menggunakan gaya bahasa tersebut sebanyak 22 bait, gaya bahasa perulangan yang banyak digunakan adalah anaphora, asonansis, dan epizeukiss. Dan Bentuk Gaya bahasa yang paling sedikit sekali digunakan adalah gaya bahasa pertautan seperti hawa tercipta di dunia - untuk menemani sang adam gaya bahasa pertautan yang digunakan adalah antonomasia. Dan (2) Fungsi gaya bahasa yang banyak digunakan dalam lirik-lirik lagu Dewa dalam album “Bintang Lima” adalah fungsi instrumental yakni fungsi untuk memperoleh sesuatu, fungsi imajinatif yakni fungsi gaya bahasa untuk menciptakan dunia imajinasi dan fungsi representasional yaitu gaya bahasa yang dapat difungsikan sebagai informasi kepada pembaca dan pendengar lagu-lagu ciptaannya baik tentang isi hatinya maupun tentang keadaan-keadaan ataupun peristiwa – peristiwa yang ada disekelilingnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 Oct 2016 07:26
Last Modified: 12 Oct 2016 07:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33432

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo