UMM Institutional Repository

Sikap Tokoh Utama terhadap Permasalahan Hidupnya dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye (Kajian Psikologi Sastra).

MARDIANA, AMIROH (2016) Sikap Tokoh Utama terhadap Permasalahan Hidupnya dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye (Kajian Psikologi Sastra). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-amirohmard-43798-1-pendahul-n.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-amirohmard-43798-2-bab1.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Keyword : Teori Kepribadian Carl Rogers, Sikap, Tokoh Utama Abstrak Karya sastra dipandang sebagai fenomena psikologis yang menampilkan aspek-aspek kejiwaan melalui tokoh-tokohnya. Oleh karena itu, dalam mengkaji karya sastra tidak terlepas dari peran ilmu psikologi. Salah satu teori dalam psikologi yang mengkaji kepribadian manusia adalah teori yang dikemukakan Carl Rogers. Teori ini menempatkan pengalaman sebagai tolak ukur dalam perkembangan pribadi seseorang. Penggunaan teori Rogers dalam penelitian ini bertujuan mengungkap pribadi tokoh utama dalam novel “Rembulan Tenggelam di Wajahmu” yang diwarnai pengalaman dalam kehidupannya. Kepribadian yang dimiliki seseorang akan berpengaruh terhadap sikap atau tingkah lakunya.Sikap adalah kecenderungan untuk bertindak untuk bereaksi terhadap rangsang. Oleh karena itu manifestasi sikap tidak dapat langsung dilihat, akan tetapi harus ditafsirkan terlebih dahulu sebagai tingkah laku yang masih tertutup. Tujuan penelitian secara umum adalah mendeskripsikan karakteristik pribadi tokoh utama novel “Rembulan Tenggelam di Wajahmu” karya Tere Liye, sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan masalah kepribadian tokoh utama yang terdapat dalam novel “Rembulan Tenggelam di Wajahmu”karya Tere Liye, yaitu (1) karakteristik pribadi tokoh utama dalam pandangan teori Rogers, (2) sikap tokoh utama dalam menghadapi permasalahan hidupnya dalam novel “Rembulan Tenggelam di Wajahmu” karya Tere Liye. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra yang mengkhususkan pada psikologi kepribadian yang dikemukakan oleh Rogers. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsti kualitatif, yaitu mendeskripsiskan perolehan realitas yang diteliti sebagaimana adanya. Adapun kepribadian individu yang dikemukakan Rogers adalah pribadi yang berfungsi sepenuhnya meliputi: keterbukaan pada pengalaman, berada dalam kehidupan eksistensial, percaya pada diri sendiri, memiliki perasaan yang bebas, dan senantiasa kreatif. Berdasarkan telaah yang lebih jauh terhadap novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu, tergambar bahwa tokoh utama memiliki karakteristik yang sesuai dengan apa yang di ungkapkan Rogers yaitu, terbuka pada pengalaman baru, kehidupan eksistensial, percaya pada diri sendiri, memiliki perasaan bebas, dan senantiasa kreatif. Adapun sikap tokoh dalam menghadapi permasalahan hidupnya yaitu dengan cara bersikap positif dan negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 Oct 2016 07:16
Last Modified: 12 Oct 2016 07:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33429

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo