UMM Institutional Repository

ANALISIS KECEMASAN PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU KARYA TERE LIYE

NUGRAHA, ADITYA (2016) ANALISIS KECEMASAN PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU KARYA TERE LIYE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adityanugr-44162-1-pendahul-n.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adityanugr-44162-2-babi.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Keyword : kecemasan, tokoh, novel, anxiety, character, novel Penelitian ini merupakan analisis tentang konsep kecemasan manusia yang direfleksikan oleh tokoh utama dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye. Peneliti memilih novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye karena terdapat peristiwa ataupun suatu kejadian untuk mengetahui kondisi jiwa kecemasan pada tokoh utamanya yang membuat tokoh utama mengalami kecemasan serta terdapat berbagai konflik dalam menghadapi kehidupannya yang dipenuhi berbagai cobaan dan ujian yang terkadang merenggut kebahagiannya serta menimbulkan konflik baik konflik eksternal maupun internal. Adapun permasalahan yang ingin diteliti adalah (1) Bagaimana kondisi jiwa kecemasan pada tokoh utama dalam novel Rembulan Tengelam Di Wajahmu karya Tere Liye? (2) Bagaimana dampak kecemasan pada perkembangan konflik tokoh utama dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye? Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang lebih menggambarkan tentang keadaan berdasarkan kenyataan yang dialami atau berupa fakta. Hal tersebut dilakukan dengan mendeskripsikan hal-hal yang berkaitan dengan konsep kecemasan pada tokoh utama. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca sumber data dan peneliti berperan sebagai instrument. Peneliti melakukan identifikasi, klasifikasi, dan kodifikasi data berdasarkan permasalahan yang dikaji. Data yang diperoleh berupa satuan cerita yang menggambarkan proses menemukan kondisi jiwa kecemasan, dan dapat mengetahui dampak kecemasan pada perkembangan konflik yang dialami pada tokoh utama dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Terre Liye. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam proses kecemasan ditunjukkan melalui berbagai peristiwa kehidupan yang kurang mengenenakkan sehingga membuat seseorang mengalami gejolak hati dan menimbulkan sebuah kecemasan dan dalam hal tersebut juga dialami oleh tokoh utama yakni Rehan. Tahapan pada saat tokoh utama mengalami suatu kecemasan ditunjukkan melalui peristiwa yang dijalani dalam kehidupannya, dialog antar tokoh serta penggalan cerita. Kecemasan yang dialami pada tokoh meliputi Kecemasan terhadap ancaman pada kenyataan (realistic anxiety), kecemasan terhadap hukuman (neurotic anxiety), kecemasan moral (moral anxiety), konflik internal dan konflik eksternal. Wujud kecemasan pada tokoh utama terlihat pada saat kondisi jiwa pada tokoh utama menalami keterpurukan dalam menjalani kehidupan dan menimbulkan kecemasan. Dampak kecemasan pada tokoh utama memicu adanya konflik internal dan eksternal yang membuat kehidupannya didera oleh sebuah kecemasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 Oct 2016 07:13
Last Modified: 12 Oct 2016 07:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33428

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo