UMM Institutional Repository

PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METHODE VARIABLE COSTING PADA KONVEKSI INTI BUSANA

Rijal, Moh Syamsul (2016) PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METHODE VARIABLE COSTING PADA KONVEKSI INTI BUSANA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohsyamsul-44939-1-pendahul-n.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohsyamsul-44939-2-bab1.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penentuan harga pokok produksi yang lebih akurat dapat dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat. Salah satu metode tersebut adalah Variable Costing. Karena Metode ini memisahkan antara biaya variabel dan biaya tetap berdasarkan unit produk, Objek penelitian dalam penelitian ini adalah biaya-biaya yang menjadi fokus dari aktivitas dalam pembuatan jaket untuk menentukan alokasi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik ke produksi. Jenis penelitian ini adalah studi kasus, yaitu penelitian yang tujuannya untuk mengungkapkan atau menjelaskan secara mendalam tentang variabel tertentu penelitian ini bersifat diskriptif. Sehingga penelitian ini digunakan untuk mengkaji secara mendalam tentang penerapan metode Variable Costing dalam menentukan harga pokok produksi jaket yang ada di konveksi Inti Busana Lawang Malang. Hasil penelitian dari skripsi ini adalah dimana dengan menggunakan metode Varible costing untuk produk Jaket dengan hasil harga pokok produksi 1 jaket Rp 66.469 dari yang ditetapkan oleh perusahan sebesar Rp 82.500 selisih dari perhitungan tersebut Rp 16.031. Simpulan dari penelitian yaitu metode variable costing untuk menentukan harga pokok produksi pada produk jaket diperhitungkan dalam penetapan biaya varible dan biaya tetap. Bagi peneliti lain yang hendak melakukan penelitian sejenis untuk menggunakan subjek usaha kecil, mikro dan menengah, khususnya yang memproduksi produk lebih dari satu jenis produk diharapkan lebih menyeluruh dalam mengkalkulasi biaya, baik biaya produksi maupun biaya non produksi sehingga diperoleh hasil penelitian yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Oct 2016 09:32
Last Modified: 11 Oct 2016 09:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33382

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo