UMM Institutional Repository

ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) (Studi Kasus Pada Desa Blaban Kecamatan Batu Marmar Kabupaten Pamekasan)

HAINURRAHMAN, (2016) ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) (Studi Kasus Pada Desa Blaban Kecamatan Batu Marmar Kabupaten Pamekasan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hainurrahm-45050-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hainurrahm-45050-2-babi.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikantingkat akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Blaban Kecamatan Batu Marmar Kabupaten Pamekasan.Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan indikator Akuntabilitas dan Transparansi yang telah ditentukan. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Studi Kasus. Objek penelitian yaitu Desa Blaban Kecamatan Batu Marmar Kabupaten Pamekasan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Data diperoleh dengan cara dokumentasi dan wawancara tentang akuntabilitas dan transparansi kepada Kepala Desa di Desa Blaban Kecamatan Batu Marmar. Dari hasil analisis yang dilakukandapat disimpulkan bahwa tingkat akuntabilitas pengelolaan ADD di Desa Blaban sudah cukup akuntabel dengan persentase capaian sebesar 66,67%. Dalam penilaian akuntabilitas ada 3 (tiga) indikator yang tidak terpenuhi di DesaBlaban, yaitu penyebaran informasi melalui media masa, pengaduan masyarakat, dan ketersediaan informasi manajemen dan monitoring hasil yang telah dicapai.Untuk tingkat transparansi persentase capaian sebesar 80% dan masuk dalam kategori transparan.Dalam penilaian transparanasi ada 1 (satu) indikator yang tidak terpenuhi, yaitu tersedianya laporan mengenai pengeloaan Alokasi Dana Desa yang mudah diakses. Berdasarkan simpulan diatas, peneliti dapat memberikan beberapa saran diantaranya, untuk penyebaran informasi mengenai keputusan pengelolaan keuangan desa tidak hanya disampaikan melalui musyawarah desa atau papan informasi saja, tetapi juga melalui media massa atau media lainnya. Serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah desa harus menyediakan ruang publik untuk sarana pengaduanmasyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Oct 2016 09:26
Last Modified: 11 Oct 2016 09:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33380

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo