UMM Institutional Repository

Perbandingan Preparat Apus Darah Hewan Berhemoglobin Dan Non Hemoglobin Sebagai Sumber Belajar Biologi

Fitriyaningsih, Marina Nur (2016) Perbandingan Preparat Apus Darah Hewan Berhemoglobin Dan Non Hemoglobin Sebagai Sumber Belajar Biologi. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marinanurf-44650-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marinanurf-44650-2-babi.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Keyword : Darah, Preparat apus, Giemza, Wright, Kristal Violet, Leaflet Penggunaan pewarnaan dilakukan untuk memper jelas penampang jaringan dan bagian-bagian jaringan supaya dapat dibedakan dengan jelas khususnya jaringan darah. Jaringan darah yang transparan sulit dibedakan bagian-bagiannya, supaya mudah diamati jaringan dan bagian-bagianya maka perlu diberi pewarna. Pewarna Giemza, Wright dan Kristal Violet merupakan pewarna yang dapat digunakan untuk mewarnai jaringan darah karena memiliki sifat mempertajam dan memperjelas jaringan. Metode yang digunakan untuk mengamati jaringan darah ini adalah metode apus, metode apus merupakan metode yang dapat digunakan untuk memudahkan pengamatan morfologi darah dibawah mikroskop. Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskrip sikanperban dingan preparat apus darah hewan berhemoglobin dan non hemoglobin, serta menganalisis hasil penelitian tentang perbandingan preparat apus darah hewan berhemoglobin dan non hemoglobin sebagai sumber belajar biologi berupa leaflet. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif yang mendeskripsikan perbandingan preparat apus darah hewan berhemoglobin dan non hemoglobin, serta menganalisis hasil penelitian tentang perbandingan preparat apus darah hewan berhemoglobin dan non hemoglobin sebagai sumber belajar biologi berupa leaflet. Indikator penelitian ini terdapat lima kriteria untuk mewakili hasil dari perbandingan preparat apus darah hewan yang berhemoglobin dan hewan non hemoglobin yakni tingkat kejelasan preparat, kecerahanwarna, tingkat penyerapan warna, tingkat kontras warna dan kenampakan endapan warna dengan menggunakan mikroskop cahaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kualitas preparat apus darah hewan berhemoglobin dan non hemoglobin. Darah amphibi yang diberi warna giemza menunjukan sel darah berbentuk oval, inti sel kelihatan dengan jelas begitu pala dengan darah aves yang diberi pewarna giemza menunjukan sel darah berbentuk oval, inti sel kelihatan dengan jelas. Darah insekta dan chaetopoda menunjukan hasil yang sama setelah diberi pewarna Wright dan Kristal Violet menunjukan bahwa hemolimph dan hemocite terlihat dengan jelas. Dari hasil pengamatan perbandingan preparat apus darah hewan berhemoglobin dan non hemoglobin dimanfaatkan sebagai sumber biologi berupa leaflet.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 Oct 2016 06:24
Last Modified: 11 Oct 2016 06:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33363

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo