UMM Institutional Repository

Pengaruh Konsetrasi Mikroorganisme Lokal Feces Sapi dan Lama Fermentasi Terhadap Kandungan Gas Metan Dari Sampah Organik Pasar (Dikembangkan menjadi Media Leaflet Materi Daur Ulang Limbah Untuk Pembelajaran Siswa Biologi Kelas X)

Fitriantanto, Latif (2016) Pengaruh Konsetrasi Mikroorganisme Lokal Feces Sapi dan Lama Fermentasi Terhadap Kandungan Gas Metan Dari Sampah Organik Pasar (Dikembangkan menjadi Media Leaflet Materi Daur Ulang Limbah Untuk Pembelajaran Siswa Biologi Kelas X). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-latiffitri-44816-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-latiffitri-44816-2-babi.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Keyword : MOL, Lama Fermentasi, Gas Metan Sampah selama ini selalu identik dengan masalah. Sampah apabila tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan penumpukan dan akan menimbulkan masalah besar bagi manusia dan lingkungan. Sistem pengelolaan sampah saat ini hanya memindahkan sampah dari satu tempat ketempat lain dan mengakibatkan penumpukan sampah disuatu tempat. Sampah dapat dikelola dengan cara menjadikan energi. MOL (mikroorganisme lokal) adalah salah satu bioaktifator yang dapat digunakan untuk mempercepat proses penguraian bahan organik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh; mikroorganisme lokal feces sapi terhadap kandungan gas metan; lama fermentasi terhadap kandungan gas metan dari biogas sampah pasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian True Experiment Design dan studi pengembangan. Design yang digunakan adalah Factorial Contras Ortogonal Design. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial, dengan faktor pertama adalah konsentrasi (100%, 75%, 50%, 25% dan 0%) dan faktor kedua adalah lama fermentasi (5 dan 9 hari). Data berupa kandungan gas metan (ppm). teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian Dua Faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penambahan konsentrasi dan lama fermentasi terhadap kandungan gas metan. Hasil penelitian yang didapatkan berada diatas perlakuan kontrol. Perlakuan konsentrasi dan lama fermentasi paling rendah adalah pada perlakuan 100% lama fermentasi 5 hari didapatkan hasil 31,995 ppm, dan perlakuan dengan gas metan tertinggi adalah pada konsentrasi 25% lama fermentasi 9 hari didapatkan hasil sebesar 684,408 ppm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 Oct 2016 06:21
Last Modified: 11 Oct 2016 06:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33362

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo