UMM Institutional Repository

Perbedaan Fase Mitosis Tiga Spesies (Genus Allium) Berdasarkan Waktu Pembelahan Sel Sebagai Media Pembelajaran Biologi

Cahyono, Eko (2016) Perbedaan Fase Mitosis Tiga Spesies (Genus Allium) Berdasarkan Waktu Pembelahan Sel Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekocahyono-44082-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekocahyono-44082-2-bab1.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Keyword : Fase Mitosis, Genus Allium, Waktu Pembelahan Sel Fase mitosis adalah proses pembagian genom yang telah digandakan oleh kedua sel yang identik yang dihasilkan oleh pembelahan sel. Mitosis umunya diikuti oleh sitokinesis yang membagi sitoplasma dan membran sel. Proses ini menghasilkan dua sel anak yang identik yang memiliki distribusi organel dan komponen sel yang sama, untuk melihat fase-fase mitosis paling mudah menggunakan tanaman dari Genus Allium dikarenakan memiliki jumlah kromosom 16 dan memiliki kromosom yang sangat besar, sehingga membantu dalam mempelajari fase mitosis. Hal yang terpenting untuk mengetahui fase mitosis yaitu mengetahui waktu pembelahan selnya. Waktu pembelahan sel mitosis terjadi pada pagi hari, dikarenakan pada pagi hari sel-sel aktif membelah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jam berapa pembelahan sel mitosis tertinggi pada tiga spesies (Genus Allium). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. fase pembelahan sel mitosis yang diamati berasal dari tiga spesies Genus Allium (Allium ascalonicum, Allium cepa, dan Allium fistulosum). Metode yang digunakan untuk mengamati fase pembelahan mitosis menggunakan metode squash yaitu suatu metode untuk mendapatkan suatu sediaan dengan cara memencet suatu potongan jaringan atau suatu organisme secara keseluruhan sehingga didapatkan sediaan yang tipis dan dapat dilihat dibawah mikroskop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelahan sel tertinggi pada Allium ascalonikum yaitu pada jam 06.00 dengan nilai indeks mitosis 56,32%, Allium cepa pembelahan tertinggi pada jam 12.00 dengan nilai indeks mitosis 57,19%, sedangakan pada Allium fistulosum pembelahan paling tertinggi pada jam 06.00 dengan nilai indeks mitosis 55,29%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:27
Last Modified: 11 Oct 2016 04:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33356

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo