UMM Institutional Repository

Analisis Kandungan Klorin (Cl2) pada Beras yang Beredar Di Pasar Besar Kota Malang Sebagai Sumber Belajar Biologi

Rosita, Dewi (2016) Analisis Kandungan Klorin (Cl2) pada Beras yang Beredar Di Pasar Besar Kota Malang Sebagai Sumber Belajar Biologi. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewirosita-44090-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewirosita-44090-2-babi.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Keyword : Klorin, Beras, Sumber Belajar, Pasar Besar Makanan pokok merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Indonesia menjadikan beras sebagai salah satu makanan pokok, karena beras salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi sehingga berpengaruh besar terhadap aktivitas tubuh atau kesehatan. Dalam memilih beras tentunya, konsumen menginginkan beras yang putih dan bersih. Namun di zaman sekarang ini beras di Indonesia itu tidak murni lagi dan banyak mengandung zat kimia tambahan yang berbahaya. Klorin sekarang bukan hanya digunakan untuk bahan pakaian dan kertas saja, tetapi telah digunakan sebagai bahan pemutih atau pengkilat beras, agar beras yang berstandar medium menjadi beras berkualitas super. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan klorin pada beras yang beredar di pasar besar Kota Malang dan menerapkan hasil penelitian tersebut sebagai sumber belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 maret – 6 April 2016 di Laboratorium Putra Indonesia Malang. Kegiatan Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif karena bertujuan untuk mendeskripsikan kandungan klorin pada Klorin dalam penelitian ini. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Purposive sampling dengan pengulangan sebanyak 2 kali pengulangan. Sampel beras yang akan diteliti berasal dari Pasar Besar Kota Malang yang berjumlah 19 jenis (Merk) yaitu Piala, Mentari, Padi Wangi, Bintang Biru, Rosita super, Kancil, Bintang Mas, Bulan Mas, Puteri, Lombok, Maknyus, Apel, Manggis, Mangga, Cucak Rowo, Beras Padi, Raja Boga dan Monas. Metode yang digunakan yaitu metode uji reaksi warna, uji titrasi iodometri dan perhitungan rata-rata presentase kandungan klorin pada sampel secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan klotin dari 19 sampel beras yang diambil dari pasar besar kota Malang adalah 0 % atau negative yang artinya tidak mengandung klorin sehingga aman untuk dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:24
Last Modified: 11 Oct 2016 04:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33355

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo