UMM Institutional Repository

Pemanfaatan Media Pembelajaran Mitosis/Meiosis Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas XII MAN 2 Malang pada Materi Pembelahan Sel

Parany, Riyad Daeng (2016) Pemanfaatan Media Pembelajaran Mitosis/Meiosis Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas XII MAN 2 Malang pada Materi Pembelahan Sel. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riyaddaeng-44358-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riyaddaeng-44358-2-babi.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Keyword : media pembelajaran, pembelahan sel mitosis/meiosis, peningkatan pemahaman peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami materi pembelahan sel mitosis/meiosis yang abstrak, abstraknya materi disebabkan faktor media pembelajaran dan konsep materi sendiri yang banyak menyinggung replikasi kromosom. Media pembelajaran sangat mempengaruhi pemahaman peserta didik, oleh sebab itu maka perlu dimodifikasi suatu media pembelajaran berbasis multimedia yang berguna bagi peserta didik dengan memanfaatkan multimedia pembelajaran mitosis/meiosis. Mitosis merupakan pembelahan sel tubuh dan meiosis merupakan pembelahan sel kelamin. Perbedaan keduanya yaitu mitosis mempertahankan jumlah kromosom sedangkan meiosis mengurangi jumlah kromosom untuk membentuk kromosom sempurna. Tujuan penelitian ini yaitu (a) memanfaatkan media pembelajaran audio-visual mitosis/meiosis berbasis multimedia dalam meningkatkan pemahaman peserta didik kelas XII MAN 2 Malang (b) mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran audio-visual mitosis/meiosis berbasis multimedia dalam meningkatkan pemahaman peserta didik Kelas XII MAN 2 Malang. Jenis penelitian ini termasuk dalam R & D (Research and Development) model Hannafin and Peck melalui tahap pendahuluan, desain dan implementasi. Pengumpulan data wawancara, kuesioner dan metode tes dianalisis secara kualitatif/kuantitatif, sedangkan metode tes dianalisis menggunakan sample paired t-test, dan implementasi pada Madrasah Aliyah Negeri 2 kelas XII. Hasil nilai probabilitas penghitungan t-test diperoleh 0.000, harga t-tabel taraf signifikansi 5% adalah 0,05% maka harga t hitung lebih besar dari harga t tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka ada perbedaan signifikan pemahaman peserta didik sesudah menggunakan multimedia pembelajaran. ∑ Nilai rerata menggunakan media baru 98% yang lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan media baru 68%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 Oct 2016 03:54
Last Modified: 11 Oct 2016 03:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33346

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo